Sukses

Bus Anak Sekolah di Sulteng Terbalik, Belasan Siswa Trauma

Bus yang membawa sekitar 23 pelajar itu mengalami kecelakaan di jalan kantong produksi, tepatnya saat menaiki tanjakan curam.

Liputan6.com, Sulteng - Kecelakaan bus yang mengangkut anak-anak sekolah milik PT Delta Subur Permai (DSP) terjadi di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah (Sulteng), Kamis 5 September 2024.

Bus yang membawa sekitar 23 pelajar itu mengalami kecelakaan di jalan kantong produksi, tepatnya saat menaiki tanjakan curam.

Sopir bus, Momin (44), menceritakan detik-detik kecelakaan tersebut. Menurutnya, kejadian bermula ketika bus yang ia kemudikan tak mampu menaklukkan tanjakan hingga akhirnya hilang kendali.

"Saat mencoba menanjak, tiba-tiba mesin mati. Saya sudah menarik rem tangan, namun bus tetap tergelincir hingga akhirnya terbalik," ujar Momin saat dimintai keterangan di Mapolsek Batui.

Bus tersebut mengangkut pelajar dari berbagai tingkat, yakni 20 siswa SD, 2 siswa TK, dan 1 anak PAUD. Sebagian besar penumpang mengalami luka-luka ringan serta trauma. Mereka segera dilarikan ke Puskesmas Batui untuk mendapatkan perawatan medis.

“Sebanyak 16 pelajar dilarikan ke Puskesmas karena mengalami trauma. Bus yang kami gunakan adalah Hino berkapasitas 26 penumpang,” tambah Momin.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas setempat yang menangani kejadian ini menyebutkan, dua korban dengan kondisi serius, yakni Novita dan Jahira, harus dirujuk ke RSUD Luwuk untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kecelakaan ini menyisakan kekhawatiran bagi para orang tua dan warga sekitar terkait keselamatan transportasi anak-anak sekolah di wilayah tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab pasti insiden ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini