Sukses

Dinamika Pilkada Lampung Timur, PDIP Ubah Arah Dukungan ke Petahana Bupati

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencabut dukungannya dari pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Lampung Timur yaitu Ela Siti Nuryamah - Azwar Hadi kini berbalik mengusung petahana, Dawam Raharjo.

Liputan6.com, Lampung - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mencabut dukungannya dari pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati Lampung Timur yaitu Ela Siti Nuryamah-Azwar Hadi kini berbalik mengusung petahana, Dawam Raharjo. Dawam yang saat ini menggandeng Ketut Erawan muncul di hari terakhir masa perpanjangan pendaftaran calon kepala daerah yang dibuka oleh KPU setempat. 

"Keputusan yang baru ini mencabut persetujuan partai politik atau surat rekomendasi B1 KWK kepada Ela dan Azwar. PDI Perjuangan Lampung bukan mendukung dua calon, tapi hanya mengusung Dawam Rahardjo dan Ketut Erawan," kata Sekertaris DPD PDIP Lampung, Sutono kepada wartawan, Rabu (4/9/2024).

Dia menjelaskan, ada beberapa pertimbangan PDIP beralih mendukung Dawam. Salah satunya, soal demokrasi yang telah dievaluasi oleh DPP PDIP. "Sepenuhnya kewenangan itu ada di DPP, tapi tentu saja DPP mengevaluasi khusus untuk Lampung Timur, dan pasti ada pertimbangan," jelas dia.

Pertimbangan itu muncul lantaran ada keresahan kader PDIP serta aspirasi masyarakat soal Pilkada 2024 akan melawan kotak kosong di kabupaten setempat. "Di Lampung Timur ada demo, supaya tidak terjadi kotak kosong. Itu semua menjadi pertimbangan DPP. Sehingga akhirnya memutuskan untuk kader kita maju sebagai calon wakil bupati Lampung Timur, Ketut Erawan," ungkapnya.

Dia menerangkan, Ketut Erawan merupakan Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Timur, anggota DPRD Lampung tiga periode dan pernah menjadi Ketua DPRD kabupaten setempat. "Ketut ini bukan orang lain oleh karena itu, desakan dari kader internal PDIP Lampung Timur, provinsi dan komponen masyarakat menjadi pertimbangan DPP," pungkasnya. 

Diketahui, Dawam merupakan petahana Bupati Lampung Timur dalam periode sebelumnya berpasangan dengan Azwar Hadi. Posisi Dawam sebagai Ketua DPC PKB Lampung Timur juga sudah dicopot dan dikabarkan beralih ke Ela Siti Nuryamah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini