Sukses

Intip Indahnya Wisata Alam Posong, Surga Tersembunyi di Temanggung

Temanggung merupakan salah satu daerah yang menyimpan wisata alam menarik. Salah satunya tempat wisata alam Posong yang cocok dikunjungi untuk menikmati alam.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa sehingga ada banyak destinasi wisata alam cantik yang bisa jadi pilihan. Salah satu daerah yang mempunyai keindahan alam tersebut adalah kota Temanggung.

Temanggung dikenal sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan banyak keindahan alam yang masih asri. Melansir dari situs resmi Bappeda Kab Temanggung kota ini terkenal dengan julukan “negeri tembakau”.

Julukan tersebut berasal dari wilayahnya yang berada di bawah kaki gunung dan menjadi daerah penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Selain itu daerah ini juga terkenal dengan wisata pegunungannya.

Terdapat sejumlah spot wisata menarik yang menawarkan keindahan tidak terlupakan mulai dari kebun teh cantik yang luas dengan udara segar. Kemudian destinasi air terjun dengan air yang jernih dan masih asri.

Temanggung juga memiliki hutan pinus cantik yang menjadi area wisata alam menarik untuk healing dari perkotaan. Tempatnya yang berada di bawah kaki gunung menjadikan wilayah ini sejuk.

Wisata alamnya bahkan sangat beragam dan sebagian besar masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sementara itu ada salah satu tempat wisata populer yang menawarkan pengalaman menarik yaitu Posong Natural Park atau Wisata Alam Posong Temanggung.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan cantik berupa pemandangan Gunung Sindoro dan Sumbing. Ketika cuaca cerah para wisatawan tentunya akan melihat pemandangan alamnya yang indah dan asri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya Tarik Wisata Alam Posong

Tempat wisata ini menawarkan banyak daya tarik yang membuat wisatawan wajib untuk mengunjunginya. Salah satunya pemandangan alam yang indah dengan area hijau yang luas dan pemandangan gunung yang cantik.

Para pengunjung yang gemar berfoto di alam tentunya akan menyukai tempat wisata ini karena bisa berfoto dengan latar belakang gunung yang mempesona. Pengunjung juga bisa melihat pesona matahari terbit atau terbenam.

Pengunjung yang berkemah di sekitar tempat tersebut juga bisa melihat pemandangan bintang yang cantik ketika cuaca cerah. Selain itu pengunjung juga bisa melakukan aktivitas outbond kantor atau sekolah.

Tempat ini juga menyediakan area khusus untuk duduk santai sambil menikmati minuman atau makanan hangat. Selain itu wisatawan yang membawa anak juga bisa beraktivitas di area bermain yang ada di tempatnya.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Wisata Alam Posong

Fasilitas di tempat ini juga terkenal lengkap dan dikelola dengan baik mulai dari fasilitas toilet umum, musala, dan wahana bermain yang bisa dinikmati. Pengunjung bisa melakukan kegiatan outdoor lain seperti flying fox, trekking, hingga hiking.

Kemudian anak-anak juga bisa bermain permainan outdoor menyenangkan yang bisa dinikmati. Selain itu bagi pengunjung yang gemar menginap di alam terbuka bisa menikmati aktivitas berkemah di tempat wisata tersebut.

Wisata Alam Posong juga menyediakan spot-spot berfoto menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Kemudian juga terdapat area untuk berduduk santai seperti di gardu besar atau gardu kecil.

Selain itu pengunjung yang lapar atau haus juga bisa membeli makanan dan minuman di tempat tersebut. Pengunjung bisa membeli minuman hangat yang menemani aktivitas bersantai sambil menikmati pemandangan.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Wisata Alam Posong

Wisata Alam Posong atau Taman Wisata Alamnya berlokasi di Jl. Posong, Tlahab, Kec. Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 03.30 hingga 16.00 WIB.

Pengunjung yang ingin menikmati alam sekitarnya bisa mendatangi tempat wisata ini ketika cuaca cerah. Sebab pemandangan alam cantiknya bisa terlihat ketika cuaca cerah atau tidak mendung.

Kemudian bagi pengunjung yang datang dari pusat kota Temanggung bisa menempuh jarak sekitar 22,3 km atau 44 menit perjalanan menggunakan kendaraan motor. Tempatnya juga cukup dekat dari Alun-Alun Wonosobo sekitar 24,5 km atau 54 menit perjalanan.

Wisata Alam Posong juga berlokasi sekitar 4,5 km atau 18 menit perjalanan dari Jembatan Sigandul Temanggung. Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar tempatnya terdapat penginapan hingga area berkemah yang bisa dinikmati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini