Sukses

Ditetapkan 22 September, Begini Skema Pengamanan Cagub-Cawagub Pilkada Jatim 2024

Suryo menyatakan sejumlah daerah potensi rawan di Jatim pada pilkada serentak tahun ini sudah dipetakan.

 

Liputan6.com, Surabaya - Polda Jawa Timur mempersiapkan skema pengamanan bagi pasangan calon gubernur-wakil gubernur yang ditetapkan oleh KPU pada Pilkada Jatim 2024.

Komandan Satuan Brimob Polda Jatim Kombes Suryo Sudarmadi menyatakan komposisi petugas kepolisian sudah dihitung untuk masing-masing pasangan calon gubernur-wakil gubernur.

"Penjagaan kami sudah siapkan, calon gubernur ada dari Polda, dua aide de camp (ADC), empat pengawal pribadi (walpri), dan 19 personel setiap calon," kata Suryo, Sabtu (7/9/2024).

Mekanisme serupa juga diterapkan di Pilkada 2024 tingkat kabupaten kota yang telah ditetapkan oleh setiap Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah.

"Kemudian di kabupaten kota juga disiapkan dengan jumlah sama tetapi dari anggota kepolisian resor," ujarnya.

Selain itu, Suryo menyatakan sejumlah daerah potensi rawan di Jatim pada pilkada serentak tahun ini sudah dipetakan.

Pola antisipasinya adalah dengan melakukan langkah preventif, meningkatkan intensitas patroli petugas kepolisian, hingga menggandeng tokoh masyarakat dan keagamaan di setiap daerah.

"Berkaitan dengan daerah rawan atau rawan itu ada di wilayah Madura Raya, mau itu pemilihan kepala desa maupun  pilkada itu ada potensi," ujarnya.

Berdasarkan hasil evaluasi Pemilu 2024 dari Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur, setidaknya ada lima potensi rawan, yakni tahapan penyusunan daftar pemilih, pencalonan, tahapan kampanye hingga pelaporan dana kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, serta rekapitulasi penghitungan suara.

KPU Jatim telah menerima dokumen pendaftaran tiga pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur, yakni Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, Tri Rismaharini-KH Zahrul Azhar Asumta atau Gus Hans, dan Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penetapan Calon 22 September 2024

KPU Jatim menyatakan terdapat 84 pasangan calon yang mendaftar pada pemilihan kepada daerah (Pilkada) dengan penetapan calon kepala daerah akan dilaksanakan pada 22 September 2024.

"Secara keseluruhan ada 84 pasangan calon yang mendaftar pada Pilkada serentak 2024. Terdiri dari tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, serta 81 pasangan calon bupati dan wakil bupati, sekaligus wali kota dan wakil walikota," kata Komisioner KPU Jatim Nur Salam di Surabaya, Jumat.

Lanjutnya, pada 23 September 2024 akan dilaksanakan pengundian nomor urut dan diikuti deklarasi kampanye damai pada 25 September 2024.

"Tanggal 25 September 2024, serentak se-Jawa Timur akan dilaksanakan deklarasi kampanye damai. Karena mulai tanggal 25 berlaku dimulainya tahapan kampanye pasangan calon selama 60 hari ke depan," ucap Nur Salam.

Penetapan ini, menurut Salam, juga berdasarkan tes kesehatan yang menyatakan semua pasangan calon yang mendaftar mampu secara jasmani dan rohani mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Seluruh pasangan calon tersebut juga dipastikan tidak terindikasi pernah melakukan penyalahgunaan narkotika," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.