Sukses

West Sulawesi Investment Forum, Wujudkan Sulbar Jadi Penyangga IKN

Forum ini akan mempertemukan pemangku kepentingan di Sulbar, Kaltim, Otoritas IKN Nusantara dan Pemkot Balikpapan

Liputan6.com, Balikpapan - Pemprov Sulbar melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulbar ikut serta dalam West Sulawesi Investment Forum. Forum itu akan dilaksanakan di Balikpapan Kalimantan Timur pada hari 6 September 2024.

Forum ini akan mempertemukan pemangku kepentingan di Sulbar, Kaltim, otoritas IKN Nusantara dan Pemerintah Balikpapan. Juga ada forum yang dihadiri Pj Gubernur Sulbar, Pj Gubernur Kaltim dan Wali Kota Balikpapan.

Kepala DPMPTSP Sulbar Habibi Azis mengatakan ini merupakan forum pertemuan antara pengusaha di nusantara. Kurang lebih 100 pengusaha asal Sulbar juga ikut dalam kegiatan ini, mulai dari pelaku usaha pertanian, perkebunan, kelautan dan pariwisata di Sulbar.

"Jadi nanti pada forum ini, kita mempertemukan pelaku usaha yang ada di Sulbar dengan pemerintah yang ada di IKN maupun di Balikpapan," kata Habibi, Kamis (05/09/24).

Nantinya, lanjut Habibi akan ada transaksi investasi setelah dilakukan pertemuan dalam forum ini. Bahkan ada beberapa perusahaan yang siap melakukan MoU kerjasama dimana transaksi bisa mencapai angka Rp100 miliar.

"Jadi akan kita lihat dari narasumber di forum ini, apa saja yang diperlukan di IKN dan bisa kita kirim dari Sulbar," jelas Habibi.

Habibi menambahkan, para pelaku usaha yang ikut dalam forum ini sangat antusiasme untuk melihat apa saja yang ditawarkan utamanya oleh Pemprov Sulbar. Menurutnya, Sulbar akan menawarkan sejumlah peluang investasi utamanya di sektor holtikultura.

"Sektor pertambangan juga akan kita (Sulbar) tawarkan, namun yang paling utama itu holtikultura," tutup Habibi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.