Sukses

Pj Gubernur Sulbar Paparkan Potensi Sulbar di West Sulawesi Investment Forum

Sulbar memiliki peluang bisnis pada jalur laut, maupun darat, setiap kabupaten juga memiliki berbagai potensi pertanian

Liputan6.com, Balikpapan - Pj Gubernur Sulbar Bahtiar Baharuddin memaparkan potensi yang dimiliki Sulbar di acara West Sulawesi Investment Forum 2024 di Balikpapan. Dia juga menyampaikan peluang investasi yang bisa dilakukan di Sulbar, Jumat (06/09/24).

Acara itu dihadiri Staf Ahli Menteri Investasi Andi Maulana, Pj Gubernur Kaltim Prof Akmal Malik, Otoritas IKN, Walikota Balikpapan dan seluruh pejabat kabupaten maupun provinsi.

"Sulbar memiliki luas lahan pertanian 142.928 hektare, luas hutan 1.068.232 hektare dengan memiliki 69 pulau dan jumlah penduduk 1.536.115 jiwa," kata Bahtiar.

Sehingga, menurut Bahtiar, Sulbar memiliki peluang bisnis pada jalur laut, maupun darat. Setiap kabupaten juga memiliki berbagai potensi pertanian.

"Seperti Mamuju ada perikanan, kelapa sawit, kakao, padi, hingga budidaya rumput laut. Sedangkan Mamuju Tengah ada Sawit, kakao, jagung, dan padi," tambah Bahtiar.

Beda halnya Kabupaten Polman memiliki potensi pada sektor kelautan yang merupakan penghasil ikan terbesar di Sulbar, ada juga pertanian seperti kopi, kakao, kelapa dalam dan kawasan konservasi hutan. Mamasa memiliki potensi kopi yang melimpah ditambah anggrek, tembaga, emas, hingga telur. Kalau Majene ada pisang, cabe besar, perikanan, bawang, jagung dan padi.

"Sementara, Kabupaten Pasangkayu ada Sawit, jagung, udang, ayam, kelapa dalam, perikanan, kambing dan peternak sapi. Makanya peluang investasinya bisa dibuat industri pengolahan kakao, pengolahan kopi, dan industri wisata pulau karampuang," beber Bahtiar.

Selain itu, dengan segala dukungan serta dukungan pemerintah saat ini bisa terus dikembangkan, apalagi ada perhatian sektor pisang cavendish dan sukun juga bisa jadi investasi.

"Kelapa dalam ini memiliki potensi yang luar biasa bisa ekspor gula aren. Masyarakat Sulbar juga banyak menggeluti sektor kelapa ini," tutup Bahtiar.

Sedangkan, Kepala DPMPTSP Sulbar Habibi Asiz menambahkan, peserta forum ini sangat antusiasme untuk melihat apa saja yang ditawarkan utamanya oleh Pemprov Sulbar. Menurutnya, Sulbar akan menawarkan sejumlah peluang investasi utamanya di sektor holtikultura.

"Sektor pertambangan juga akan kita (Sulbar) tawarkan, namun yang paling utama itu holtikultura," tutup Habibi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini