Sukses

Medan Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024, dan Jadi Tuan Rumah yang Baik

Wali Kota Medan, Bobby Nasution, memastikan Kota Medan siap menyukseskan sekaligus menjadi tuan rumah yang baik untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Liputan6.com, Medan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, memastikan Kota Medan siap menyukseskan sekaligus menjadi tuan rumah yang baik untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Hal itu disampaikan Bobby saat memimpin upacara penerimaan obor PON XXI Aceh-Sumut 2024 di halaman depan Balai Kota Medan, Senin (9/9/2024).

Setelah 71 tahun, Provinsi Sumut, termasuk Kota Medan kembali menjadi tuan rumah pelaksanaan pesta olahraga paling bergengsi 4 tahunan di Tanah Air ini.

Usai menerima obor dari Pasukan Kirab Api, Bobby Nasution selanjutnya menyalakan tungku yang apinya berasal dari Gunung Merapi Jaboi, Sabang, tersebut.

Setelah obor api dinyalakan, kemudian diletakkan di atas meja serta dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima Api PON XXI oleh Bobby Nasution dan Ketua Pasukan Kirab, Julianus Efrata.

"Ini bukti nyata dukungan Kota Medan dengan event olahraga nasional PON XXI Aceh-Sumut 2024," kata Bobby Nasution.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perjalanan Panjang PON

Dikatakan Bobby Nasution, sejarah PON telah melalui perjalanan panjang sejak pertama kali diselenggarakan tahun 1948. Provinsi Sumut, menjadi tuan rumah pertama kali pada 71 tahun lalu, tepatnya 1953.

"Alhamdulillah, keinginan kita bersama dan kita rindukan terkabulkan. PON XXI 2024, Provinsi Sumut, khususnya Kota Medan menjadi tuan rumah kembali," ujarnya.

Diungkapkan Bobby, PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi panggung bagi para atlet terbaik dari berbagai provinsi di Indonesia untuk bersaing dalam beragam cabang olahraga.

"PON harus menjadi ajang puncak prestasi dan hasil pembinaan olahraga tingkat nasional, sekaligus barometer untuk mengukur keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga yang dipertandingkan secara nasional," ungkapnya.

Dijelaskan Bobby Nasution, Indonesia yang maju tidak sebatas di bidang ekonomi, teknologi, kebudayaan, politik, dan pertahanan, tetapi juga di bidang olahraga.

"Indonesia yang maju adalah Indonesia yang juga mampu menjuarai berbagai kompetisi olahraga di tingkat dunia," sebutnya.

3 dari 5 halaman

Dukung Kemajuan Olahraga

Bobby Nasution juga mengatakan, Pemko Medan sangat mendukung kemajuan di bidang olahraga dalam bentuk peningkatan sarana olahraga seperti revitalisasi Stadion Teladan.

Tidak hanya itu, juga revitalisasi Komplek Stadion Kebun Bunga Medan, dan revitalisasi Taman Cadika Medan Johor. Juga pemberian prasarana kelengkapan latihan kepada pengurus cabang olahraga yang ada di Kota Medan.

"Sebagai tolak ukur prestasi para atletnya, Kota Medan menggelar Pekan Olahraga Kota atau Porkot Medan, serta mengikuti pekan olahraga yang digelar Provinsi Sumut," bebernya.

4 dari 5 halaman

Sambutan Masyarakat

Bobby Nasution mengapresiasi sambutan masyarakat serta seluruh jajaran Pemko Medan atas penyambutan Kirab Api PON XXI. Dia juga mengajak untuk gaungkan bersama bahwa Kota Medan siap menyukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

"Mari kita menjadi tuan rumah yang baik, tampilkan senyum dan ramah wajah kota kita, seraya menikmati pertandingan dari atlet-atlet terbaik Indonesia," ajaknya. 

5 dari 5 halaman

Diarak Keliling Medan

Setelah upacara penyerahan Kirab Api PON, Bobby Nasution bersama unsur Forkopimda Kota Medan, Ketua TP PKK Kota Medan, dan Pj Sekda Kota Medan, melepas obor api PON yang diarak keliling kota menuju Istana Maimun.

Dari Istana Maimun, obor api selanjutnya diarak menuju batas Kota Medan-Kabupaten Deli Serdang untuk dibawa ke Stadion Baharoeddin Siregar. Kemudian dilanjutkan Upacara Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini