Sukses

Indahnya Wisata di Pulau Bunaken, Menyimpan Keindahan Bawah Laut yang Memesona

Pulau Bunaken terkenal sebagai destinasi surganya para pencinta bawah laut. Pulau ini memiliki keindahan bawah laut yang memukau bagi pencinta diving.

Liputan6.com, Bandung - Pulau Sulawesi Utara merupakan salah satu daerah di Indonesia yang menyimpan keindahan alam yang kaya dan memesona. Pulau ini terkenal dengan wisata alam yang masih asri karena tidak terlalu ramai pengunjung.

Sulawesi Utara juga terkenal dengan pantai-pantai cantik berpasir putih yang menawan hingga air laut yang jernih. Selain itu pulaunya juga menyimpan keindahan surga bawah laut yang tidak kalah indah.

Misalnya saja, salah satu destinasi paling populer dan dijuluki sebagai surga tersembunyi adalah Taman Nasional Bunaken. Tempat tersebut menawarkan keindahan alam bawah laut yang kaya bagaikan surga tersembunyi.

Terdapat kekayaan biota laut yang memesona dan tempatnya ramai dikunjungi oleh banyak penyelam dari seluruh dunia. Pengunjungnya bisa menikmati pemandangan terumbu karang yang cantik hingga berbagai jenis spesies ikan yang spektakuler.

Taman Nasional Bunaken berlokasi di Pulau Bunaken yang juga terkenal dengan pantai berpasir putih hingga pulau yang dipenuhi pepohonan hijau mempesona. Mengutip dari situs Wonderful Indonesia pulau ini memiliki luas 8,08 km2 di Teluk Manado.

Kemudian, pulau ini juga bagian dari Taman Nasional yang mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen, dan Mantehage. Tempat ini jadi surga bagi berbagai macam biota laut yang unik dan penuh warna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Pulau Bunaken

Pulau Bunaken merupakan pulau yang memiliki luas 8,08 km2 yang lokasinya berada di Teluk Manado sebelah Utara dari Pulau Sulawesi. Pulau ini termasuk bagian dari kota administratif Manado.

Salah satu tempat populer di Bunaken adalah Taman Nasional Bunaken yang dikenal sebagai kawasan konservasi yang ditetapkan oleh Menteri Hutan pada tahun 1991. Pulaunya jadi surga untuk para penyelam sebab keindahan alam bawah lautnya.

Selain itu, Taman Nasional Bunaken terdiri dari sejumlah wilayah yaitu perairan, pesisir, daratan, dan pulau-pulau. Diketahui di perairan Bunaken para wisatawan bisa melihat berbagai macam biota laut unik.

Bahkan ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang didominasi oleh berbagai biota menarik di dalamnya. Kemudian juga ada sekitar 91 jenis ikan yang bisa ditemukan di kawasan perairan Bunaken.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Wisata Pulau Bunaken

Salah satu daya tarik utama di tempat ini adalah kawasan Taman Nasional Bunaken yang menjadi spot populer wisatawan untuk scuba diving dan melihat kecantikan ikan-ikan dan terumbu karang cantik.

Pulau ini juga menawarkan beberapa spot menyelam yang populer untuk dikunjungi yaitu Malcolm, Bethlehem, Emma Point, dan Rumah Ikan. Melalui tempat ini pengunjung bisa menikmati surga bawah laut yang menakjubkan.

Perairannya menjadi habitat sejumlah jenis ikan seperti kuda ikan gusumi, angelfish, spotted seahorse, dan masih banyak lagi. Sebagai informasi, luasnya Taman Nasional Bunaken hampir 97 persen merupakan habitat laut dan 3 persen lainnya adalah daratan.

Selain itu, berdirinya taman nasional tersebut juga bertujuan untuk memberikan perlindungan kepada ekosistem kehidupan laut hingga pemanfaatan secara lestari sumber daya alam hayati dan ekosistemnya.

4 dari 4 halaman

Lokasi Pulau Bunaken

Seperti disebutkan sebelumnya, Pulau Bunaken menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken yang juga mencakup pulau-pulau lain seperti Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, Pulau Naen, dan Pulau Siladen.

Pengunjung yang ingin melihat keindahan Pulau Bunaken bisa menyebrang menggunakan transportasi kapal dari sejumlah titik di Manado. Misalnya saja untuk menuju Taman Nasional Bunaken pengunjung harus menyebrang dari Pelabuhan Manado di Kecamatan Molas.

Kemudian dari pelabuhan tersebut pengunjung bisa menaiki perahu motor ke pulau pilihan di Taman Nasional Bunaken. Sementara itu untuk menginap para pengunjung tidak perlu khawatir karena di pulaunya sudah ada beberapa penginapan atau resort yang bisa disewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini