Sukses

Pesona 7 Wisata Air Terjun Populer di Indonesia

Terdapat banyak pilihan spot wisata air terjun di Indonesia dengan ciri khas dan pesonanya masing-masing. Berikut pesona tujuh wisata air terjun di Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Wisata air terjun menjadi salah satu kegiatan berlibur yang menyenangkan. Berada di area yang dipenuhi tumbuhan hijau dengan gemericik air yang jatuh dari ketinggian, wisata air terjun menjadi aktivitas liburan favorit para wisatawan untuk menghilangkan penat.

Terdapat banyak pilihan spot wisata air terjun di Indonesia dengan ciri khas dan pesonanya masing-masing. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut pesona tujuh wisata air terjun di Indonesia:

1. Air Terjun Haratai 

Air Terjun Haratai berlokasi di Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Untuk sampai ke wisata Air Terjun Haratai, wisatawan harus berjalan kaki dengan menyusuri hutan.

Pasalnya, Air Terjun Haratai berlokasi di tengah Pegunungan Meratus. Meski harus menempuh perjalanan yang cukup panjang, wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan pemandangan air terjun setinggi 20 meter saat sampai si sini.

2. Air Terjun Manuaba

Air Terjun Manuaba menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Bali. Tak hanya terkenal dengan pantainya, Bali ternyata juga memiliki pesona keindahan air terjun yang tak kalah indah.

Air Terjun Manuaba berlokasi di Tegallalang, Gianyar, Bali. Layaknya surga tersembunyi yang sangat asri di Bali, tempat ini dikelilingi berbagai tanaman tropis yang tumbuh subur dengan sumber air yang berasal dari Danau Batur. 

3. Air Terjun Situmurun

Air Terjun Situmurun berada di Desa Situmurun, Kabupaten Toba Samosir, Sumatra Utara. Tempat ini memiliki daya tarik tersendiri yang terletak pada aliran airnya.

Jika biasanya air terjun mengalir ke sungai, aliran air di Air Terjun Situmurun justru langsung menuju ke Danau Toba. Keunikan lainnya adalah ketinggian Air Terjun Situmurun ini mencapai sekitar 70 meter dengan tujuh undakan.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Berbicara tentang destinasi wisata, tentu Yogyakarta yang populer dengan beragam destinasi wisatanya yang komplet tak bisa ditinggalkan. Yogyakarta juga memiliki wisata air terjun yang menarik untuk dijelajahi, salah satunya Air Terjun Sri Gethuk.

Air terjun yang berlokasi di Gunungkidul ini mengharuskan para wisatawan untuk menempuh sekitar satu jam perjalanan agar bisa menikmati keindahannya. Air Terjun Sri Gethuk dikenal sebagai air terjun yang tidak mengenal musim karena aliran airnya tetap deras dan debitnya tidak pernah berkurang meski memasuki musim kemarau. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Air Terjun Tumpak Sewu

5. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu berlokasi di Desa Wisata Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Destinasi wisata air terjun ini memiliki visual yang mirip seperti tirai raksasa.

Saking besarnya, ada beberapa spot yang bisa dijadikan lokasi untuk menikmati keindahannya. Salah satu spot populer dan banyak diminati adalah menikmati keindahan air terjun dari atas dengan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 10 menit.

Wisatawan bahkan harus melewati beberapa tangga untuk sampai ke sana. Jika beruntung, wisatawan juga dapat melihat Gunung Semeru dari balik dinding Air Terjun Tumpak Sewu.

6. Curug Cileat

Curug Cileat berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 100 meter.

Uniknya, Curug Cileat berada di bawah kaki Gunung Canggah, sehingga suasananya sangat sejuk. Curug Cileat juga dikelilingi hutan lebat dan rimbun.

7. Geopark Ciletuh

Geopark Ciletuh di Sukabumi memiliki banyak air terjun dengan karakteristik yang berbeda-beda. Salah satu air terjun yang paling populer adalah Curug Awang yang juga dikenal sebagai Niagara Sukabumi.

Selain itu, ada juga Curug Puncak Manik. Curug tersebut merupakan salah satu air terjun terbesar dan tertinggi di kawasan Geopark Ciletuh. Kawasan ini bahkan memiliki dua air terjun bersebelahan dengan aliran yang sangat deras.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.