Sukses

Deretan Inovasi yang Antarkan PLN Indonesia Power UBP Suralaya Raih Penghargaan Asian Technology Excellence Awards 2024

Pencapaian ini menegaskan komitmen PT PLN Indonesia Power UBP Suralaya dalam mengadopsi teknologi terkini guna mendukung operasional yang lebih efektif dan efisien, serta memperkuat posisinya sebagai perusahaan energi terdepan di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Indonesia Power UBP Suralaya berhasil meraih dua penghargaan bergengsi dalam ajang Asian Technology Excellence Awards 2024 yang diadakan di Conrad, Bangkok, Thailand. Acara ini diselenggarakan oleh Asian Business Review dan bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap inovasi teknologi terbaik di kawasan Asia.

PLN Indonesia Power UBP Suralaya membawa pulang dua penghargaan dalam kategori AI dan Digital. Penghargaan pertama, Indonesia Technology Excellence Award for AI - Energy, diberikan atas inovasi berjudul HAI AYA: Implementation of Generative AI and Retrieval Augmented Generation for Data Management and Analysis in General Affairs at PLN Indonesia Power UBP Suralaya.

Inovasi ini dikembangkan oleh tim yang terdiri dari Abdul Kadir, Muhammad Naufal Amrizal, dan Rifda Ibnu Majid. HAI AYA menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan retrieval augmented generation untuk mempermudah manajemen data dan analisis di lingkungan kerja bidang Umum, menciptakan efisiensi dan akurasi yang lebih tinggi dalam pengelolaan data.

Penghargaan kedua, Indonesia Technology Excellence Award for Digital - Energy, diraih melalui inovasi bertajuk Go-Knowledge: Digital Learning Platform: Enhancing Worker Competence and Efficiency at PT PLN Indonesia Power UBP Suralaya. Inovasi ini diinisiasi oleh Firlan Maulana Ruaz, Ichsan Rusmawan Suprapto, dan Dofan Adi Pratama. Go-Knowledge adalah platform pembelajaran digital yang dirancang untuk meningkatkan kompetensi dan efisiensi pekerja, memfasilitasi pelatihan secara mudah dan terintegrasi, yang pada akhirnya mendorong peningkatan produktivitas dan kualitas kerja bagi pegawai di PT PLN Indonesia Power khususnya UBP Suralaya.

Acara penghargaan ini dihadiri oleh General Manager UBP Suralaya, Irwan Edi Syahputra Lubis, Senior Manager UBP Kamojang, Ibnu Agus Santosa dan perwakilan inovator dari masing - masing inovasi. Turut hadir VP Corporate Communication and CSR PLN Indonesia Power Head Office, Aryati, dan Manager Generation and Project Technology Development PLN Indonesia Power Head Office, Toto Wardoyo. Kehadiran mereka mencerminkan dukungan penuh perusahaan terhadap pengembangan teknologi dan inovasi yang terus mendorong kemajuan dalam sektor energi.

Pencapaian ini menegaskan komitmen PT PLN Indonesia Power UBP Suralaya dalam mengadopsi teknologi terkini guna mendukung operasional yang lebih efektif dan efisien, serta memperkuat posisinya sebagai perusahaan energi terdepan di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.