Sukses

Pilkada Serentak 2024, Milenial Diingatkan Pentingnya Gunakan Hak Pilih

Karena ketika tidak menggunakan hak pilih dalam Pilkada atau Pemilu, maka penyesalannya akan dirasakan selama lima tahun ke depan.

Liputan6.com, Tangerang - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Tangerang, Banten menggelar sosialisasi ‘KPU Goes To School’ Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di hadapan ratusan SMA Yadika 3, untuk meningkatkan pemahaman pemilih pemula. Pj. Wali Kota Tangerang, Dr. Nurdin mengajak para pemilih muda, khususnya generasi milenial, untuk memanfaatkan hak pilih mereka dalam Pilkada serentak Kota Tangerang 2024. “Karena ketika tidak menggunakan hak pilih dalam Pilkada atau Pemilu, maka penyesalannya akan dirasakan selama lima tahun ke depan,” ujar dia mengingatkan.

Menurutnya, sosialisasi Pilkada Serentak 2024 dinilai penting bagi kalangan milenial khususnya di Kota Tangerang, untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam memberikan hak suaranya pada 27 November mendatang. “Bagi yang sudah genap berusia 17 tahun, segera mengurus berkas administrasi yang diperlukan guna memastikan hak pilih mereka,” imbau Nurdin.

Anggota KPU Kota Tangerang Rustana, menyatakan untuk Pilkada serentak Kota Tangerang 2024, KPU menargetkan tingkat partisipasi pemilih hingga 87 persen.“Kami akan terus memberikan edukasi kepada pemilih pemula terkait pentingnya menggunakan hak pilih serta memastikan suasana Pilkada serentak 2024 yang damai dan kondusif,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Yadika 3, Riami Napitupulu, menyampaikan apresiasi atas kepedulian mereka melakukan sosialisasi Pilkada serentak Kota Tangerang 2024 kepada para siswa di sekolah. “Alhamdulillah, antusiasme siswa-siswi sangat tinggi dalam menyambut sosialisasi ini, yang diikuti lebih dari 500 peserta dari SMA Yadika 3 dan delapan sekolah lainnya,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sosialisasi Meriah

Dalam sesi talkshow, Ahmad Syailendra, Ketua KPU Kota Tangerang periode 2018-2023, dan M. Adnan Maghribbi, peneliti dari Sindikasi Pemilu dan Demokrasi, turut memberikan pemahaman kepada siswa tentang pentingnya memilih dengan bijak. “Pilkada ini bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat, termasuk siswa-siswi tercinta sebagai pemilih pemula, untuk memberikan aspirasi kepada para pengambil kebijakan melalui perwakilan yang dipilih secara langsung,” ujar Ahmad Syailendra.

Hal senada disampaikan M. Adnan Maghribbi. Menurutnya, setiap pilihan memiliki konsekuensi yang berdampak luas terhadap pilihannya, sehingga dibutuhkan kebijaksanaan dalam tiap pilihan dukungan yang diberikan. “Sama seperti ketika memilih makanan pedas yang bisa menyebabkan sakit perut. Dalam Pilkada, memilih sembarangan akan membawa konsekuensi besar bagi masyarakat atau pemilih yang telah diberi ruang untuk memilih,” ujar dia.

Acara sosialisasi Pilkada Serentak Kota Tangerang 2024 dimeriahkan dengan penampilan dari Diamond Band, Puskesmas Hore, dan dua penyanyi berbakat, Genya Kurnain, finalis The Voice, serta Novita Sihombing, juara The Voice Season 4. Acara dipandu oleh MC Sakhna Bilad, presenter ternama, yang menambah semarak suasana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.