Sukses

Tim Gamaforce UGM Siap Berlaga di Kontes Robot Terbang di Turki dan KRTI 2024

Tim Gadjah Mada Flying Object Research Centre (Gamaforce) yang terdiri dari 120 mahasiswa akan mengikuti sejumlah kontes di bulan September ini salah satunya Kontes Robot Terbang Indonesia.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tim Gadjah Mada Flying Object Research Centre (Gamaforce) akan berkompetisi di Technofest Turki dan Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) yang diselenggarakan di Lanud Gading, Gunung Kidul, DIY. Ketua Umum Gamaforce, Dimas Gilar Pratama Putra mengatakan Gamaforce mengirimkan 7 mahasiswa di Technofest Turki kategori Fighter UAV (Unmanned Aerial Vehicle) Competition, di Kota Adana, Turki pada tanggal 12-18 September 2024.

Sementara itu di Gunung Kidul akan mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) di Lanud Gading, Gunung Kidul pada 12-19 September mendatang. Tim Gamaforce akan mengikuti beberapa kategori di antaranya ialah Fixed Wing, Racing Plane, Vertical Take Off Landing, Technology Development, dan Long Endurance Low Altitude (LELA).

“Harapan dan target kami, bisa mempertahankan juara umum Kontes Robot Terbang Indonesia dan menjuarai Fighter UAV Competition di Technofest Turki, maka dari itu kami mohon dukungan, motivasi, dan doa restu untuk melaksanakannya dengan baik,” ujarnya di Balairung, Kamis 5 September 2024.

Ia mengatakan dalam dua kompetisi ini Kontes Robot Terbang Indonesia dan Technofest,Tim Gamaforce UGM sudah menyiapkan semuanya sejak Januari 2024 berupa riset, pengembangan, dan pendanaan. Bahkan tim Gamaforce juga meluncurkan enam wahana baru, salah satunya pesawat tanpa awak berjenis Fixed Wing dengan nama Ashwincarra untuk ajang kompetisi Technofest Turki.

Sugeng Sapto Surjono, Wakil Dekan Fakultas Teknik UGM mengatakan Gamaforce UGM yang didirikan tahun 2015 ini sudah berhasil menyabet gelar juara umum sebanyak tujuh kali pada KRTI dan meraih juara ketiga pada kontes Technofest Turki di tahun sebelumnya. Tim Gamaforce kembali menargetkan untuk mempertahankan juara umum untuk kedelapan kalinya di KRTI dan meraih juara satu pada Technofest Turki. “Mudah-mudahan Gamaforce bisa menjadi inspirasi untuk kemajuan teknologi kedirgantaraan di Indonesia sekarang,” ujarnya.

Menjelang mengikuti lomba Kontes Robot Terbang Indonesia dan Technofest ini Gamaforce UGM melakukan doa bersama dan pemotongan pita sebagai bentuk simbolis peresmian tim yang akan berlaga di kompetisi nasional dan internasional. Pada pelepasan tim Gamaforce yang akan bertanding di ajang nasional dan internasional dihadiri Sekretaris Direktur Kemahasiswaan UGM Hempri Suyatna, Sekjen PP KAGAMA Ari Dwipayana, dan sejumlah perwakilan dari mitra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini