Sukses

Sebanyak 100 Tim dari 42 Perguruan Tinggi Bakal Ikuti Kontes Robot Terbang Indonesia 2024 di UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyatakan kesiapan penuh untuk menjadi tuan rumah Kontes Robot Terbang Indonesia (KRTI) 2024, yang akan berlangsung pada 12-18 September 2024 di Fakultas Vokasi UNY Kampus Gunungkidul

Liputan6.com, Yogyakarta - UNY bersiap menjadi tuan rumah dari kegiatan nasional tahun ini yaitu Kontes Robot Terbang Indonesia atau KRTI 2024 pada 12-18 September 2024 di Fakultas Vokasi UNY Kampus Gunungkidul dan Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul. Menjadi kampus yang aktif dalam pengembangan inovasi teknologi, UNY bertekad menjadikan ajang ini sebagai momentum memperlihatkan potensi riset dan kreativitas anak bangsa dalam bidang robotika udara.

“Kami bangga bisa menjadi tuan rumah KRTI 2024. Acara ini bukan hanya kompetisi, tetapi juga platform untuk menunjukkan sejauh mana riset teknologi di Indonesia telah berkembang, khususnya di bidang robot terbang dan drone,” ujar Penanggung jawab Kegiatan KRTI Guntur.

Direktur Direktorat Akademik Kemahasiswaan dan Alumni UNY tersebut menjelaskan KRTI 2024 di UNY akan mengusung lima kategori kompetisi, Racing Plane (RP), Fixed Wing (FW), Vertical Take-off and Landing (VTOL), Technology Development (TD) dan Long Endurance Low Attitude (LELA). Setiap kategorinya menantang para peserta mengembangkan inovasi yang dapat diaplikasikan pada dunia nyata, seperti pengiriman barang, pemetaan wilayah, hingga misi pencarian dan penyelamatan.

Sebagai tuan rumah KRTI 2024 UNY sudah meyiapkan fasilitas dan arena uji coba demi mendukung kelancaran kompetisi, termasuk lapangan penerbangan drone yang dilengkapi dengan peralatan canggih. Selain itu, UNY juga bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, serta sejumlah sponsor dari industri teknologi dalam negeri.

“Kami berharap ajang ini dapat menjadi katalisator bagi munculnya inovasi baru dari mahasiswa Indonesia. Kami juga siap untuk memberikan pengalaman kompetisi yang terbaik, serta memperkuat jaringan riset antar universitas di Indonesia,” katanya.

Tahun ini akan ada seratus tim dari 42 perguruan tinggi di seluruh Indonesia akan yang mengikuti KRTI 2024. Melihat persiapannya, UNY optimis dapat menyukseskan KRTI 2024 dan memberikan inspirasi bagi generasi muda dalam mengembangkan teknologi berbasis Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

"Kami siap menyambut seluruh peserta dan mendukung terciptanya inovasi yang berdampak besar bagi masa depan Indonesia," papar Guntur.

KRTI 2024 menjadi kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) – Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi yang bertujuan untuk memberikan sarana kepada mahasiswa dalam berkreasi pada bidang aerodinamika dengan teknologi wahana nir-awak yang melakukan misi secara autonomous. KRTI juga diketahui sebagai tempat atau wadah jejaring saling bertukar informasi edukasi ke masyarakat umum pelajar, pengamat, peneliti dan pegiat UAV.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini