Sukses

Media Center Utama PON XXI 2024 Wilayah Sumut Diklaim Sebanding dengan Asian Games

Media Center Utama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 wilayah Sumatera Utara (Sumut) telah resmi dibuka. Media Center Utama PON XXI 2024 Wilayah Sumut berada di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan.

Liputan6.com, Medan Media Center Utama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 wilayah Sumatera Utara (Sumut) telah resmi dibuka. Media Center Utama PON XXI 2024 Wilayah Sumut berada di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan.

Keberadaan media center sebagai sarana penyebaran informasi terkait PON XXI. Media center ini diklaim tidak kalah dengan event olahraga tingkat internasional, seperti Asian Games.

Klaim itu muncul dikarenakan fasilitas yang disediakan di media center ini tidak main-main dan sangat lengkap serta modern. Di antaranya ada press room, studio mini, ruang broadcast, dan lain sebagainya.

Bahkan, Sekretaris Jenderal Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Tubagus Ade Lukman menyebut, Media Center Utama PON di Sumut tidak kalah dari yang ada di Asian Games 2018 lalu.

"Ini tidak kalah dengan Asian Games 2018," ungkapnya pada peresmian Media Center Utama PON XXI 2024 Wilayah Sumut, di Hotel Santika, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Minggu, 8 September 2024, kemarin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ratusan Jurnalis Bertugas

Ketua Bidang Media Humas Panwasrah PON XXI Aceh-Sumut Raja Pane juga mengungkapkan hal yang sama. Bahkan menurutntya, media center yang ada tidak kalah dengan Olimpiade 2016 dan perhelatan akbar serupa.

"Nantinya akan ada sekitar 700-an wartawan se-Indonesia yang siap bertugas di media center ini. Saya menjamin, saya pernah meliput Sea Games, Olimpiade 2016, Piala Eropa, tapi ini enggak kalah," Raja mengungkapkan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Ilyas Sitorus mengatakan, pihaknya telah menyiapkan beragam fasilitas yang siap digunakan jurnalis.

Adapun fasilitas yang diberikan Bidang Humas Publikasi dan IT PB PON Sumut, antara lain 12 unit bus antar jemput dari media center utama ke venue.

3 dari 4 halaman

Fasilitas Lengkap dan Modern

Penjabat (Pj) Gubernur Sumut, Agus Fatoni, yang datang meninjau lokasi juga menilai, fasilitas yang tersedia sangat lengkap dan modern, bahkan menyamai event internasional.

Terdapat 20 media center pendukung dan penyangga di 10 kabupaten dan kota, sehingga semua momen bisa disaksikan dari seluruh penjuru.

"Kami minta media menyebarluaskan informasi ini, agar kondisi dan iklim yang sejuk, suasana yang sehat dan kondusif menyebar ke seluruh Indonesia dari Sumut," harapnya.

Fatoni memastikan anggaran pelaksanaan PON XXI 2024 di Sumut cukup, mulai tingkat kabupaten dan kota, provinsi sampai pemerintah pusat. Jika perlu penambahan anggaran, pihaknya siap menyediakan.

"Kalau dibutuhkan, masih bisa ditambahkan lagi untuk kelengkapan yang lain tanpa menunggu P-APBN dengan melakukan pergeseran anggaran," ujar Fatoni.

4 dari 4 halaman

Tanggung Jawab Bersama

Menurut Fatoni, pelaksanaan PON XXI 2024 di Sumut merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat. Perhelatan nasional ini membutuhkan dukungan semua pihak.

"Tugas kita bersama daerah Forkopimda, elemen masyarakat menyukseskan PON Sumut berjalan lancar, demi kehormatan kita sebagai tuan rumah," Fatoni menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini