Sukses

Profil Wahyu Suparyono, Eks Dirut ASABRI Diangkat Jadi Dirut Baru Bulog

Mantan Dirut ASABRI, Wahyu Suparyono resmi diangkat menjadi dirut baru Bulog. Berikut ini profil singkat dan perjalanan kariernya.

Liputan6.com, Bandung - Mantan Direktur ASABRI, Wahyu Suparyono telah resmi ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Direksi Utama (Dirut) Perum Bulog. Diketahui pergantian direksi tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-73/DHK.MBU.A/09/2024.

“Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurthi bersama Purnomo Sinar Hadi sebagai Direktur Human Capital telah menyelesaikan pengabdiannya di Perum Bulog,” kata Sekretaris Perusahaan, A Widiarso di Jakarta, Senin (9/9/2024).

Sebagai informasi, Wahyu Suparyono diangkat menjadi Dirut Perum Bulog untuk menggantikan Bayu Krisnamurthi yang sebelumnya diangkat mengisi jabatan tersebut pada 1 Desember 2023.

Sementara itu, saat ini Wahyu Suparyono akan memulai masa baktinya di Bulog bersama dengan Wakil Direktur Utama Marga Taufiq dan Sudarsono Harjosoekarto sebagai Direktur Human Capital.

Diketahui sebelumnya, Wakil Direktur Utama Perum Bulog Marga Taufiq merupakan staf khusus Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP) Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Wakil Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat dan Pangdam XVI/Pattimura.

Adapun Sudarsono Hardjosoekarto sebelumnya adalah Guru Besar Sosiologi dan Birokrat dan pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Kesatuan Bangsa dan Politik, Kementerian Dalam Negeri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Wahyu Suparyono

Berdasarkan informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, Wahyu Suparyono lahir pada 17 Oktober 1959 di Magelang, Jawa Tengah. Dalam pendidikannya ia merupakan alumnus dari sejumlah perguruan tinggi populer.

Wahyu tercatat pernah menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 1990. Kemudian melanjutkan gelar Master Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IPWI tahun 1997.

Terakhir dia juga menempuh pendidikan sebagai Doktor Ilmu Manajemen di Universitas Brawijaya pada 2014. Terlepas dari pendidikannya yang mentereng, Wahyu juga pernah mengisi sejumlah jabatan strategis.

Sebelum menjabat sebagai Dirut Bulog, Wahyu sudah pernah mengisi posisi strategis dalam lingkungan BUMN. Ia pernah menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) Asabri di tahun 2020 dan sudah bekerja di sejumlah perseroan dengan jabatan strategis.

3 dari 3 halaman

Perjalanan Karier Wahyu Suparyono

Wahyu Suparyono tercatat pernah menjadi Direktur Utama untuk PT Perusahaan Perdagangan Indonesia pada 2014 hingga 2015. Kemudian di tahun 2015 ia menjadi Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog hingga tahun 2016.

Sementara itu, di tahun 2016 hingga 2017 Wahyu Supriyanto menjabat jadi Direktur SDM dan Umum Perum Bulog dan sebelumnya pada tahun 2015-2018 ditetapkan menjadi Komisaris Utama PT Jasa Prima Logistik (JPL) Bulog.

Adapun di tahun 2017, Wahyu menjabat menjadi Direktur Utama PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) sampai tahun 2020. Kemudian, pada tahun 2020 Wahyu Suparyono ditunjuk jadi Direktur Utama Asabri dan saat ini ditunjuk menjadi Dirut Perum Bulog.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini