Sukses

Rekomendasi Spot Wisata Dekat Gunung Bromo

Selain pemandangan sekitar gunung yang memukau, kawasan Bromo juga dikelilingi spot wisata yang tak kalah menarik. Ada apa saja?

Liputan6.com, Malang - Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata favorit karena menyuguhkan pemandangan yang indah dan memesona. Banyak spot-spot wisata menarik lainnya yang juga bisa dijadikan tujuan wisata di sekitarnya.

Selain pemandangan sekitar gunung yang memukau, kawasan ini juga dikelilingi spot wisata yang tak kalah menarik. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut rekomendasi spot wisata dekat Gunung Bromo:

1. Kawasan Lautan Pasir Bromo 

Kawasan Lautan Pasir Bromo merupakan salah satu spot paling menantang di dekat Gunung Bromo. Wisatawan akan dihadapkan pada medan berpasir yang luas.

Kawasan ini menjadi spot yang cocok untuk para pencinta adrenaline karena dapat menguji kekuatan dan stamina mereka. Dari sini juga dapat terlihat pemandangan Gunung Bromo yang megah.

Selain itu, di sini juga terdapat potensi wisata berupa Pura Poten, sebuah bangunan suci yang menjadi pusat bagi upacara keagamaan masyarakat Suku Tengger. Ada juga Sumur Pitu yang merupakan kawah di lautan pasir sebagai akibat dari erupsi Gunung Kursi.

2. Plataran Bromo 

Mengutip dari plataran.com, lokasi ini terletak di dataran tinggi Bromo, tepatnya di di pintu gerbang cagar biosfer Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Plataran Bromo menawarkan pemandangan indah pedesaan, perkebunan, pertanian, dan perbukitan di sekitarnya.

Plataran Bromo mengedepankan konsep yang menyelaraskan petualangan dan hiburan. Wisatawan dapat menikmati keindahan Bromo melalui penginapan yang nyaman, kuliner autentik, hiburan budaya, kegiatan alam, hingga berbagai kebgitan olahraga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pos Dingklik

Pos Dingklik bisa menjadi pilihan destinasi yang tepat untuk menikmati sunrise. Lokasi ini memang merupakan spot sunrise Gunung Bromo terdekat dan tergolong paling mudah diakses dari jalur pintu masuk Wonokitri, Pasuruan.

Pos Dingklik berlokasi tidak jauh dari gerbang masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Dari lokasi Pos Dingklik, wisatawan bisa juga menikmati indahnya pemandangan Gunung Batok.

4. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru  (TNBTS)

Mengutip dari indonesia.travel, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan satu-satunya kawasan konservasi di Indonesia yang memiliki lautan pasir seluas 10 km yang disebut Tengger. Kawasan tersebut merupakan tempat empat anak gunung berapi baru berada, yakni Gunung Batok (2.470 m), Gunung Kursi (2.581 m), Gunung Watangan (2.661 m), dan Gunung Widodaren (2.650 m).

TNBTS menawarkan pemandangan hutan dan perbukitan yang hijau dengan kualitas udara yang masih sangat segar. Wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti berjalan kaki, berkuda, mendaki gunung, menikmati sunrise, berwisata religi ke sejumlah pura, hingga menikmati wisata air terjun di sekitar.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.