Sukses

Intip, Indahnya Pesona Alam di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan merupakan salah satu wisata alam menarik yang tidak jauh dari Pulau Bali. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona terutama bawah lautnya.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia sudah lama dikenal sebagai negara yang memiliki ribuan pulau cantik dari Sabang hingga Merauke. Negara ini menawarkan keindahan wisata alam yang mempesona dan masih asli dan menakjubkan.

Keindahan alamnya bahkan membuat negara ini selalu jadi destinasi favorit sejumlah wisatawan mancanegara yang ingin menikmati pesona alam asri. Salah satu tempat yang populer dikunjungi wisatawan adalah Pulau Menjangan.

Pulau ini mulai populer dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara karena keindahannya. Pulau Menjangan juga berlokasi tidak jauh dari kawasan wisata populer yaitu Bali.

Diketahui pulaunya terletak di sebelah barat laut Pulau Bali dan termasuk dalam bagian Taman Nasional Bali Barat. Pulau Menjangan terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang mempesona.

Bahkan banyak wisatawan yang sudah berwisata ke tempat ini menyebutkan pulaunya sebagai surga tersembunyi dunia bawah laut. Pulau Menjangan terkenal dengan pesona terumbu karangnya yang masih alami dan jenis ikannya yang cantik.

Selain itu, pulau ini juga memiliki kawasan daratan yang tidak kalah cantik dan menjadi rumah untuk sejumlah satwa. Mengutip dari situs Wonderful Indonesia pulau ini juga memiliki pasir putih yang cantik dan masih alami.

Lokasinya yang tidak jauh dari kawasan wisata populer Pulau Bali membuat pulau ini juga mudah untuk diakses. Tidak jarang pulau ini juga masuk daftar tour yang mungkin disediakan oleh penyedia jasa jur yang bisa disewa wisatawan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Pulau Menjangan

Berdasarkan informasi dari Wonderful Indonesia  Pulau Menjangan ternyata terinspirasi dari banyaknya satwa Rusa di pulau tersebut. Kata “Menjangan” dalam bahasa Jawa diketahui berarti “Rusa”.

Julukan tersebut konon diberikan oleh penduduk setempat yang sering mengamati kawanan rusa liar berenang ke pulau tersebut setiap musim semi dan menempuh jarak sekitar 1,2 mil. Pulau Menjangan dikenal sebagai pulau kecil dengan keindahan yang luar biasa.

Pulau ini juga menjadi tempat pertama kali menyelam di Bali dimulai sekitar tahun 1978 di bawah naungan Angkatan Laut Indonesia. Saat itu digelar sebuah pertemuan klub-klub selam utama dan menjadikan pulau ini sebagai lokasi menyelam internasional utama di Bali.

Sementara itu luas Pulau Menjangan diketahui sekitar 6.000 hektar dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat dan berbatasan dengan Kabupaten Buleleng dan Jembrana.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Pulau Menjangan

Pulau Menjangan mempunyai daya tarik utama keindahan bawah lautnya yang mempesona. Bahkan keindahan bawah laut tersebut membuat pulaunya memiliki julukan sebagai tempat surga bawah laut yang tersembunyi.

Pulau Menjangan memiliki keindahan terumbu karang yang memiliki pulaunya dan dicirikan dengan jurang yang dalam hingga hampir 60 meter. Sehingga pulaunya memiliki sejumlah besar gua besar dan kecil dan terlihat keindahan spons dan karang lunak cantik.

Terumbu karang tersebut juga menjadi rumah bagi beberapa ikan cantik yang bisa ditemui ketika melakukan aktivitas diving di tempatnya. Pulau Menjangan juga dijuluki sebagai lokasi wall diving terbaik di Bali.

Selain itu, di bawah laut pulau ini juga terdapat pemandangan bangkai kapal Anchor yang bisa ditemukan pada kedalaman 45 meter. Bangkai tersebut konon merupakan kapal Belanda abad ke-19 yang tenggelam selama Perang Dunia II atau kapal yang tenggelam jauh sebelum era kolonial Belanda.

Bangkai kapal tersebut berisi muatan keramik hingga botol kaca dan seluruhnya telah dipenuhi oleh karang lunak. Tempatnya bahkan menjadi spot terbaik untuk bertemu penyu atau hiu.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Pulau Menjangan

Pulau Menjangan berlokasi di sebelah barat Pulau Bali atau berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Utara Pulau Bali. Pulaunya masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

Pengunjung yang ingin melihat keindahan Pulau Menjangan tentu harus melewati Taman Nasional Bali Barat terlebih dahulu. Kemudian akses ke pulau ini tidak terlalu sulit karena bisa menaiki kapal dari Pelabuhan di Bali.

Diketahui para pengunjung bisa menyeberang dengan menggunakan kapal melalui Pelabuhan Lalang yang ada di Kabupaten Buleleng, Bali. Perjalanan yang ditempuh bisa sekitar 30 hingga 40 menit.

Pastikan juga bahwa pengunjung sudah memiliki izin masuk wilayah Pulau Menjangan sebab lokasinya yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat yang dilindungi. Tips bagi wisatawan pastikan berkunjung menggunakan jasa tur atau pemandu wisata ketika berada di pulau tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini