Sukses

Mencicipi Nikmatnya Sego Empal Bu Warno, Kuliner Legendaris di Yogyakarta

Sego Empal merupakan hidangan khas Indonesia yang menarik untuk dicoba. Adapun salah satu tempat legend untuk mencicip menu tersebut adalah Sego Empal Bu Warno.

Liputan6.com, Bandung - Indonesia menyimpan banyak sajian kuliner nikmat yang bisa dicicipi di setiap daerahnya. Makanan-makanan tersebut tidak terlepas dari budaya dan bumbu khas yang biasanya berasal dari resep turun-temurun.

Salah satu makanan yang wajib untuk dicoba adalah sajian sego empal yang terkenal sebagai hidangan tradisional Indonesia kaya akan rasa dan rempah. Makanan ini identik dengan cita rasa gurih dengan bahan yang berkualitas dari berbagai generasi.

Perpaduan antara daging empal yang empuk dan bumbu yang kaya menjadikan sajian ini memiliki kenangan tersendiri bagi penikmatnya. Bahkan banyak orang menjadikan makanan tersebut sebagai salah satu santapan wajib ketika berkunjung ke kotanya.

Selain itu, sajian sego empal konon memiliki latar belakang sejarah yang panjang dan dipercaya sudah ada sejak zaman dahulu. Makanannya bisa ditemukan di beberapa daerah di Indonesia.

Meskipun tidak ada catatan tentang sejarah pasti terkait asal usul makanan ini namun hidangannya disebut sebagai hasil akulturasi budaya antara masyarakat lokal dan budaya asing di zaman dahulu.

Setiap daerah mempunyai ciri khas sajian sego empal yang berbeda-beda namun makanan ini terkenal dengan sajian daging sapi yang empuk dan bumbu yang meresap. Di Yogyakarta terdapat tempat menikmati sego empal yang legendaris yaitu Sego Empal Bu Warno.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Sego Empal Bu Warno

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, Sego Empal Bu Warno dikenal sebagai kuliner legendaris di Yogyakarta. Tempat makan ini telah berdiri sejak tahun 1970-an dan terkenal dengan sajian sego empal yang kaya akan rempah.

Sego Empal Bu Warno identik dengan sajian nikmat berupa daging sapi yang empuk dan bumbu yang khas. Bahkan makanan ini bisa dinikmati bersama sambal korek dan lalapan yang segar.

Sebagai informasi, sego empal adalah hidangan nasi empal yang terbuat dari daging sapi dan dimasak dengan bumbu rempah pilihan. Bisnisnya sudah dikelola dari generasi ke generasi dan masih menggunakan resep khasnya yang nikmat.

Hidangan sego empal di tempat ini juga terkenal dengan pilihan dagingnya yang berkualitas karena biasanya memilih bagian yang cocok untuk diolah menjadi empal sehingga tidak banyak mengandung lemak.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Sego Empal Bu Warno

Sego Empal Bu Warno menawarkan hidangan sego empal nikmat yang membuat banyak pembeli menjadi pelanggan tetapnya. Tempat makan ini terkenal dengan daging empal yang lembut dan mudah untuk dikonsumsi.

Pemilihan daging yang dilakukan oleh sang pemilik juga menjadi pertimbangan agar hidangan sego empalnya bisa berkualitas. Diketahui tempat makan ini menggunakan bagian pangkal betis hingga paha yang cocok diolah jadi empal.

Sementara itu, Sego Empal Bu Warno juga menyediakan sambal korek khas yang nikmat disantap bersama sajian sego empalnya. Kemudian tempat ini juga memiliki berbagai menu makanan lain mulai dari sego terik, sego sop lidah, sego sop koyor, dan lain-lain.

Harga di tempatnya juga terjangkau di kantong pembeli karena dibanderol mulai dari Rp 26 ribu saja. Selain itu, pengunjung bisa merasakan satu porsi sajian nikmat yang mengenyangkan cocok untuk disantap saat waktu makan siang atau ketika perut kosong.

4 dari 4 halaman

Lokasi Sego Empal Bu Warno

Sego Empal Bu Warno mempunyai beberapa cabang yang bisa dikunjungi para pembeli. Namun diketahui cabang pusatnya berada di lantai dua Pasar Beringharjo atau berlokasi di Jl. Pabringan No.41, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

Tempatnya buka setiap hari pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB dan selalu ramai oleh pengunjung. Lokasi pusatnya juga berada di dekat dengan kawasan wisata yaitu Malioboro Yogyakarta karena berjarak sekitar 650 meter atau 3 menit perjalanan.

Pengunjung bahkan bisa mengakses tempat makan ini dengan berjalan kaki sekitar 650 meter atau 9 menit perjalanan. Selain itu, tempat makannya juga tidak jauh dari wisata Taman Pintar Yogyakarta karena berjarak sekitar 230 meter atau 3 menit berjalan kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini