Sukses

Jokowi Resmikan Jalan Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak, Kini Medan-Siantar 1,5 Jam

Gerbang Tol yang juga mengadopsi kearifan lokal dengan menampilkan Pinar Uluni Horbou, yang merupakan patung kepala kerbau menjadi ikon dan simbol serta budaya dari masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun.

 

Liputan6.com, Simalungun Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan 2 ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang ditargetkan dapat mengintegrasikan pergerakan logistik di kawasan ekonomi dan menumbuhkan pariwisata.

Kedua jalan tol tersebut, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) Seksi III dan sebahagian Seksi IV Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak (45,6 km) yang digarap oleh anak usaha PT Hutama Karya, PT Hutama Marga Waskita (HMW).

Jokowi menandai peresmian ruas ini dengan menandatangani 2 prasasti. Presiden mengatakan, jalan tol ini akan mendorong tumbuhnya pusat-pusat pertumbuhan perekonomian baru di koridor Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak dengan mempersingkat waktu tempuh, sehingga meningkatkan daya saing daerah.

"Alhamdulillah, kita resmikan jalan tol Ruas Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.994 Kilometer (Km)," kata Presiden Jokowi pada Selasa (10/9/2024), di Gerbang Tol (GT) Sinaksak.

"Dengan pembangunan jalan tol ini diharapkan semakin mempercepat mobilitas logistik ke berbagai daerah, sehingga kita bisa bersaing dengan negara lain dan meningkatkan pertumbuhan pariwisata menuju destinasi wisata super prioritas Danau Toba," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dilengkapi Sejumlah Fasilitas

Jalan Tol Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak ini dilengkapi sejumlah fasilitas pendukung seperti 2 gerbang tol, 2 simpang susun, 7 jembatan, 12 overpass yang akan menambah kenyamanan pengguna jalan tol.

Gerbang Tol yang juga mengadopsi kearifan lokal dengan menampilkan Pinar Uluni Horbou, yang merupakan patung kepala kerbau menjadi ikon dan simbol serta budaya dari masyarakat yang ada di Kabupaten Simalungun.

Dengan lebar jalur jalan tol 3,5 meter dan jumlah lajur 2x2, kecepatan rencana mencapai 100 km/jam. Hal tersebut dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Medan menuju Pematang Siantar semula 3 jam menjadi 1 jam 30 menit.

3 dari 4 halaman

Konektivitas Lebih Optimal

Direktur Utama Hutama Marga Waskita, Dindin Solakhuddin menyebut, Adanya Jalan Tol Kutepat Ruas Tebing Tinggi-Serbelawan-Sinaksak diharapkan dapat memberikan konektivitas lebih optimal ke berbagai daerah.

"Sehingga perekonomian dan pariwisata di kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba dapat bertumbuh dengan pesat, serta menjadi ruas tol kebanggaan masyarakat Sumut," sebutnya.

4 dari 4 halaman

Sudah Difungsionalkan

Sebagai informasi, jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat seksi Tebing Tinggi-Dolok Merawan saat ini telah difungsionalkan mulai 9 hingga 20 September 2024 untuk mendukung kelancaran Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini