Sukses

Resep Membuat Bawang Merah Goreng, Renyah dan Tahan Lama untuk Stok Makan di Rumah

Bawang merah goreng menjadi stok makanan yang selalu hadir dirumah sebagai pelengkap makanan. Berikut ini resep membuat bawang merah goreng yang mudah dan renyah.

Liputan6.com, Bandung - Bawang merah ternyata jadi salah satu bahan makanan yang menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan. Makanan ini mengandung senyawa antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Selain itu, bawang merah juga dikenal sebagai hidangan yang bisa meningkatkan sistem imun karena kandungan vitamin C di dalamnya. Bawang merah biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan atau juga bisa diolah sebagai bawang merah goreng.

Bawang merah goreng merupakan salah satu hidangan yang bisa dijadikan stok untuk disimpan di rumah terutama di meja makan sebagai taburan makanan lainnya. Bawang merah goreng nikmat untuk disantap sebagai pelengkap berbagai makanan.

Hidangan ini juga populer digunakan sebagai hiasan untuk sejumlah makanan nikmat dan memberikan rasa makanan jauh lebih gurih. Biasanya bawang merah goreng memiliki tekstur yang renyah dan disimpan dalam toples kedap udara.

Makanannya juga bisa disimpan cukup lama bahkan berbulan-bulan jika cara pengolahannya dilakukan dengan benar. Kehadiran bawang merah goreng sebagai stok di rumah cukup populer sebagai penambah cita rasa.

Hidangannya juga bisa digunakan untuk topping nasi goreng, mie goreng, atau pelengkap sambal yang pedas. Membuat bawang merah goreng juga bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Bahan-bahan membuatnya juga mudah untuk ditemukan dan mempunyai harga yang terjangkau. Berikut ini cara membuat bawang merah goreng nikmat dan renyah untuk stok di rumah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Resep Bawang Merah Goreng Renyah

Mengutip dari Fimela terdapat resep membuat bawang merah goreng yang renyah dan nikmat dengan menggunakan resep berikut:

Bahan-bahan

  • 1 kg bawang merah.
  • 4 sdm tepung beras.
  • 1/2 sdt garam.

Cara Membuat

1. Kupas bawang merah dan iris tipis bawang merah sesuai dengan selera.

2. Setelah bawang berhasil diiris taburi garam dan tepung beras ke dalam bawang.

3. Lakukan secara merata dengan cara diayak dan hindari diaduk menggunakan tangan agar tidak menggumpal.

4. Selanjutnya untuk menggoreng bawang pastikan minyak dipanaskan dengan api yang sedang.

5. Masukkan irisan bawang merah goreng ke dalam minyak dengan api sedang dan goreng hingga berwarna kuning keemasan.

6. Jika berhasil matang, angkat dan tiriskan bawang.

7. Ketika bawang merah goreng kering pastikan lagi bahwa minyak sudah tidak ada.

8. Selanjutnya masukkan kembali bawang merah goreng ke dalam toples yang kedap udara agar tetap renyah.

9. Bawang merah goreng yang dibuat dengan benar bisa disajikan langsung dengan nasi atau jadi stok yang dapat disimpan dalam waktu yang lama.

3 dari 3 halaman

Tips Agar Bawang Merah Goreng Lebih Renyah

Terdapat beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk membuat bawang merah goreng berhasil menjadi lebih renyah seperti berikut:

1. Jangan terlalu lama rendam bawang merah dengan bumbu-bumbu agar tidak membuatnya jadi lembek.

2. Ketika menggoreng pastikan untuk terus diaduk agar bawang merahnya matang secara merata dan tidak gosong.

3. Pastikan untuk menggunakan minyak yang banyak dengan api sedang agar bawang goreng bisa lebih cepat kering dan renyah.

4. Ketika sudah dimasak perhatikan bawang goreng harus disimpan pada tempat yang kering dan sejuk agar hidangan tidak mudah lembek.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini