Sukses

Jadi Pimpinan DPRD Termuda, Ini 4 Prioritas Dias Rukmana untuk Purwakarta

Dalam masa jabatannya, Dias ingin memprioritaskan empat hal penting yang menjadi masalah utama kabupaten ini.

Liputan6.com, Purwakarta - Dias Rukmana terpilih sebagai Wakil Ketua DPRD termuda di Purwakarta, Jawa Barat. Sebagai anggota DPRD termuda yang dimiliki Kabupaten Purwakarta, pria 34 tahun ini menawarkan perspektif baru yang segar dalam mengatasi berbagai masalah masyarakat Purwakarta.

Dalam masa jabatannya, Dias ingin memprioritaskan empat hal penting yang menjadi masalah utama kabupaten ini.

"Empat hal yang akan menjadi prioritas yakni pembangunan infrastruktur, peningkatan lapangan kerja, pendidikan, dan ekonomi kreatif," kata Dias.

Dias Rukmana memandang pembangunan infrastruktur sebagai fondasi penting untuk kemajuan Purwakarta. Dalam rencana kerjanya, ia menekankan perlunya perbaikan dan pengembangan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, dan fasilitas umum lainnya.

Terlebih, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Purwakarta menurun tajam pada 2019 hingga 2023 karena pandemi Covid-19. Menurutnya dengan anggaran belanja yang melimpah, pembangunan infrastruktur dasar di 18 kecamatan di Purwakarta bukanlah hal mustahil untuk dilakukan.

Pembangunan infrastruktur Kabupaten Purwakarta yang akan menjadi prioritas rancangan kerjanya akan menjadi dasar perbaikan beberapa aspek lainnya, seperti peningkatan lapangan kerja, pendidikan, dan ekonomi kreatif.

Kabupaten Purwakarta merupakan salah satu kawasan industri yang cukup berkembang di Jawa Barat. Bahkan, total nilai investasi perusahaan industri di Purwakarta mencapai angka 10 T.

Namun, Dias menyayangkan banyaknya tenaga kerja yang justru berasal dari luar Kabupaten Purwakarta. Di sisi lain, angka pengangguran di Kabupaten ini masih cukup tinggi.

Tingkat pengangguran di Purwakarta pada 2023 adalah 7,72 persen dari jumlah angkatan kerja atau 40.099 orang. Meski jumlah tersebut telah mengalami penurunan secara signifikan sejak 2020, Dias berkomitmen untuk turus menurunkan jumlah pengangguran di Purwakarta di masa kerjanya.

Ada berbagai langkah yang akan ia ambil untuk memperluas lapangan kerja, salah satunya dengan mendukung peningkatan SDM lokal agar dapat bersaing di dunia industri. Guna mendukung peningkatan kualitas SDM masyarakat Purwakarta, Dias turut memasukan pendidikan sebagai salah satu prioritas program kerjanya.

"Ada satu kecamatan Kiarapedes menjadi salah satu wilayah di Purwakarta yang belum memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA)," kata Dias.

Saat Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB), Kecamatan Kiarapedes tidak masuk ke dalam pembagian zonasi SMA manapun. Hal ini menjadi salah satu perhatian Dias yang akan diselesaikan selama masa jabatannya.

Selain pembangunan infrastruktur, lapangan kerja, dan pendidikan, ekonomi kreatif juga menjadi salah satu prioritas rancangan kerja Dias. Pasalnya, Purwakarta dikenal akan keberadaan air mancur terbesar se-Asia Tenggara yakni Taman Air Mancur Sri Baduga yang terletak di Kawasan Situ Buleud.

Dias menilai, kawasan wisata ini dapat dikembangkan lagi agar menjadi nilai lebih bagi Kabupaten Purwakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini