Sukses

Tersandung Masalah, Lagu-Lagu Solo Suga BTS Malah Penuhi Setengah Chart Billboard

Dengan demikian, lima lagu Suga BTS telah berhasil memenuhi setengah chart Billboard untuk World Digital Song Sales.

Liputan6.com, Yogyakarta - Rapper sekaligus produser BTS, Suga, sedang menjalani wajib militer sejak 22 September 2023. Selama itu pula, ia belum merilis musik baru. Meski demikian, idol Kpop ini justru memenuhi setengah dari keseluruhan posisi salah satu chart Billboard.

Karya solo Suga, termasuk album terakhirnya D-DAY, memiliki basis penggemar yang cukup besar. Bahkan di AS, karyanya telah dinikmati oleh pencinta musik rap atau hip hop yang bukan merupakan pencinta Kpop (Kpopers).

Mengutip dari Forbes, penjualan lagu-lagu solonya di luar karya grup BTS baru-baru ini melonjak. Hal ini karena para penggemarnya berkumpul untuk memberi dukungan penuh kepada idol bernama asli Min Yoongi ini di tengah insidennya.

Para penggemarnya yang berbasis di Amerika terus membeli musiknya, sehingga mereka membawa banyak lagu solo Suga kembali ke tangga lagu utama. Ia tak hanya kembali ke tangga lagu dalam hitungan minggu, melainkan mendominasinya dengan cara yang unik.

Suga mengisi 50 persen dari semua ruang di salah satu chart Billboard minggu ini. Ini merupakan pemandangan tak biasa, terutama untuk artis yang belum merilis kumpulan lagu atau album baru. Namun, Suga justru berhasil mencapai itu dengan lagu-lagu lamanya.

Nama Suga BTS muncul di lima dari sepuluh posisi pada tangga lagu World Digital Song Sales minggu ini. Artinya, Suga telah mengambil setengah dari semua posisi yang tersedia.

Lagu The Last yang dirilis pada 2016 di bawah nama Agust D telah kembali ke No.1 World Digital Song Sales. Ini merupakan hal yang tak biasa untuk lagu lama yang tiba-tiba kembali memuncaki chart dunia.

Dua trek peringkat tertinggi Suga berikutnya di tangga lagu yang sama adalah Polar Night di posisi No.3 dan People di posisi No.4. Adapun lagu kolaborasi yang menampilkan Ryuichi Sakamoto dan Woosung THE ROSE, Snooze, juga kembali ke tangga lagu yang sama di No.6.

Lagu selanjutnya yang berhasil masuk ke tangga lagu yang sama adalah Haegeum yang mengklaim posisi No.9. Lagu ini merupakan single dari proyek solo terbarunya D-Day.

Dengan demikian, lima lagu Suga BTS telah berhasil memenuhi setengah chart Billboard untuk World Digital Song Sales. Lima lagu tersebut adalah The Last (No.1), Polar Night (No.3), People (No.4), Snooze (No.6), dan Haegeum (No.9).

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini