Sukses

Penantian Panjang Usai, ASTA UI Sabet Gelar Juara Tenis PERTI 2024

UI harus menunggu selama 16 tahun, sebelum menorehkan prestasi puncak di turnamen PERTI yang sudah mencapai kali ke 14.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Tenis ILUNI UI yang diwakili oleh Asosiasi Tenis Alumni UI (ASTA UI) mencatat sejarah dengan menjuarai Turnamen Tenis Antar Alumni Perguruan Tinggi (PERTI) se-Indonesia. Kompetisi diikuti oleh 16 perguruan tinggi ternama se- Indonesia dan berlangsung di Lapangan Tenis UNY dan Lapangan Tenis Sinduadi Yogyakarta, pada tanggal 7-8 September 2024.

Pencapaian predikat juara ini, menjadi terasa semakin manis dan membanggakan, karena selain berhasil mengalahkan juara bertahan tahun lalu, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), di semi final, di partai final UI juga secara meyakinkan berhasil menumbangkan Universitas Diponegoro (UNDIP), peraih juara 6 kali dari 14 kali perhelatan. 

UI harus menunggu selama 16 tahun, sebelum menorehkan prestasi puncak di turnamen PERTI yang sudah mencapai kali ke 14 ini (sempat beberapa kali vakum dan tidak diselenggarakan tiap tahun), yang awalnya diprakarsai oleh 5 ikatan alumni universitas ternama di Indonesia, pada 5 April 2008. 

Tim ASTA UI bermain solid dan percaya diri sejak babak penyisihan pool dengan mengalahkan lawan-lawan tangguh mereka yaitu tim Institut Teknologi Surabaya, tim Universitas Brawijaya dan tim Universitas Jambi, dengan skor meyakinkan, masing-masing, 4-1, 4-1 dan 5-0.  Keberhasilan tersebut membawa ASTA UI sebagai juara grup dan melaju ke babak perempat final.

Keperkasaan tim ASTA UI terus berlanjut di babak perempat final setelah melibas tim Institut Teknologi Bandung dengan skor 3-0. Laju ASTA UI semakin tak terbendung di semifinal, setelah mengalahkan juara bertahan tahun lalu, UNY, dengan skor 3-1.

Sorak sorai gembira para suporter dan rasa haru segenap pengurus dan pemain, mengiringi klimaks pencapaian ASTA UI di turnamen kali ini, setelah di partai final, ASTA UI mengalahkan tim langganan juara, yang terkenal memiliki pemain yang berkualitas tinggi, Tim UNDIP dengan skor 3-1.

Ketua ILUNI UI, Didit Ratam, dalam keterangan tertulisnya Rabu  (11/9/2024), menyampaikan rasa bangga dan ujaran motivasi kepada seluruh alumni. "Selamat atas prestasi yang diraih Tim Tenis Asosiasi Tenis Alumni UI (ASTA UI) sebagai juara turnamen tenis antar alumni perguruan tinggi se Indonesia yang ke 14 tahun 2024 di Yogyakarta. Semoga tetap semangat untuk mengukir prestasi dan memberi inspirasi bagi alumni dan almamater UI".

Pembina,sekaligus pemain tim ASTA UI,  Nicolas D Kanter, menyatakan : "Karunia Tuhan yang Maha Kuasa serta kerja keras dan komitmen dari seluruh pihak yang terlibat,  (pengurus, pemain, supporter dan para sponsor) untuk memberikan yang terbaik telah membawa pada pencapaian dan keberhasilan kita. Semoga kita bisa terus menjaga kekompakan dan kebersamaan kita".

Ucapan selamat pun datang dari Wakil Rektor Universitas Indonesia, Prof.Dr. Ir Dedy Priadi DEA. "Selamat atas prestasi ASTA UI sebagai juara turnamen tenis PERTI yang ke 14 di Yogyakarta. Semoga keberhasilan ASTA UI meraih peringkat teratas ini, memberikan motivasi kepada segenap civitas academica untuk selalu berupaya memberikan yang terbaik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.