Sukses

Sinopsis Laura, Diadaptasi dari Kisah Nyata Perjuangan Laura Anna Dapat Keadilan

Film Laura telah resmi tayang pada Kamis (12/9/2024) di seluruh bioskop Indonesia. Film ini mengangkat perjalanan hidup nyata dari seorang selebgram, Laura Anna.

Liputan6.com, Bandung - Film Hanung Bramantyo bertajuk “Laura” telah resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia mulai hari ini, Kamis (12/9/2024). Film tersebut diadaptasi dari kisah nyata perjuangan selebgram Indonesia, Laura Anna dalam mendapatkan keadilan.

Melalui film ini terdapat sejumlah artis dan aktor populer yang berpartisipasi dalam filmnya. Di antaranya artis Amanda Rawles, Kevin Ardilova, Carissa Perusset, Fadi Alaydrus, hingga Kaneishia Yusuf.

Laura menjadi film yang mengangkat genre biografi dan drama dengan durasi tayang sekitar 1 jam 44 menit. Selain itu, film ini hanya bisa disaksikan oleh penonton yang berusia 13 tahun ke atas.

Dalam film ini Amanda Rawles berperan sebagai karakter bernama Laura dan aktor Kevin Ardilova berperan sebagai Jojo. Sementara Carissa Perusset berperan sebagai Irene dan Fadi Alaydrus sebagai Riko.

Sebagai informasi, film Laura mengangkat kisah nyata seorang selebgram asal Indonesia bernama Edelenyi Laura Anna. Ia mengalami kecelakaan tragis yang membuatnya mengalami lumpuh spinal cord injury.

Kecelakaan tersebut juga melibatkan mantan kekasihnya, Gaga Muhammad yang membawa kendaraan di bawah pengaruh alkohol. Laura juga sempat berjuang meminta keadilan atas kasus kecelakaan tersebut.

Gaga Muhammad kemudian ditahan atas laporan Laura Anna sebagai korban kecelakaan pada tahun 2019 dan terbukti bersalah atas kasus kecelakaan lalu lintas tersebut hingga ditahan sejak 2 November 2021.

Mantannya tersebut divonis 4 tahun 6 bulan atau 4,5 tahun penjara, tetapi saat ini telah bebas bersyarat pada 18 April 2024. Para penggemar mengenal sosok Laura Anna sebagai orang yang ceria, aktif, dan penuh canda tawa.

Laura Anna dikabarkan meninggal dunia ketika berjuang dengan penyakitnya pada Rabu, 15 Desember 2021.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Laura

Film Laura menceritakan tentang kisah seorang selebgram (Amanda Rawles) yang dikenal ceria dan disayangi oleh teman serta keluarganya. Sebagai selebgram dia juga dikenal sebagai sosok menyenangkan oleh penggemarnya.

Suatu hari, kehidupannya mendadak menjadi berubah setelah mengalami kecelakaan dengan kekasihnya Jojo (Kevin Ardilova). Jojo menjadi orang yang menyebabkan kecelakaan mobil fatal tersebut.

Akibat kecelakaan tersebut, Laura harus mengalami kelumpuhan dan membuatnya harus berjuang menghadapi hidupnya. Dia harus mengalami cedera tulang belakang hingga tubuhnya lumpuh selama hidupnya.

Sementara kekasihnya tersebut hanya mengalami luka ringan dan justru lebih cepat pulih darinya. Hubungan Laura dan Jojo semakin kompleks usai kecelakaan tersebut dan mulai melihat Jojo seakan tidak mau bertanggung jawab dan menyalahkan balik Laura.

Di tengah-tengah perjuangannya meraih keadilan dia berusaha kuat dan mendapatkan dukungan dari keluarga dan teman-temannya. Seiring berjalannya waktu, Laura juga berani meminta keadilan melalui jalur hukum dan persidangan untuk melawan Jojo.

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Laura

Melansir dari beberapa sumber berikut ini daftar pemain film Laura:

1. Amanda Rawles sebagai Laura.

2. Kevin Ardilova sebagai Jojo.

3. Carissa Perusset sebagai Irene.

4. Fadi Alaydrus sebagai Riko.

5. Fachrul Hadid sebagai Sony.

6. Rafly Altama Putra sebagai Rafly.

7. Jinan Safa sebagai Amy.

8. Kaneishia Yusuf sebagai Shasa.

9. Muhammad Fauzan sebagai Janos.

10. Niloufer Fadila sebagai Petr.a

11. Unique Priscilla sebagai Ibu Laura.

12. Willem Bevers sebagai Ayah Laura.

13. Ony Serojawati Hafiedz sebagai Ibu Jojo.

14. Pascal Azhar sebagai Ayah Jojo.

4 dari 4 halaman

Fakta Film Laura

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini ada beberapa fakta-fakta yang harus diketahui dari film Laura:

1. Adaptasi kisah nyata

Seperti dijelaskan sebelumnya film Laura diadaptasi dari kisah nyata perjuangan seorang selebgram, Laura Anna untuk mendapatkan keadilan. Filmnya akan menampilkan perjalanan hidup baik dari kisah suka hingga duka.

Laura yang baru berusia 19 tahun saat itu harus menghadapi pahitnya hidup setelah kasus kecelakaan menimpanya bersama sang kekasih pada Desember 2019. Akibat kecelakaan tersebut Laura mengalami kelumpuhan dan menderita Spinal Cord Injury.

2. Gaet Sutradara Kondang

Film biografi dan drama ini digarap oleh sutradara kondang Indonesia, Hanung Bramantyo. Diketahui sang sutradara sudah dikenal melalui film-filmnya yang menyentuh hati seperti Bumi Manusia hingga Ayat-ayat Cinta.

3. Menggunakan barang dan pakaian asli

Film Laura juga diketahui menggunakan barang-barang hingga pakaian yang digunakan oleh mendiang Laura. Amanda Rawles yang menjadi pemeran utama dalam filmnya juga terlihat menggunakan baju yang mirip dengan mendiang seperti salah satunya hoodie berwarna coklat.

Diketahui dalam sebuah wawancara, barang peninggalan Laura Anna seperti koleksi boneka hingga kursi roda yang digunakan juga merupakan barang milik mendiang.

4. Tayang di Bulan Kelahiran Laura Anna

Film Laura tayang pada 12 September 2024 dan diketahui bulan ini merupakan bulan kelahiran mendiang Laura Anna. Diketahui Laura Anna lahir pada tanggal 20 September 2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini