Sukses

Alasan Billboard Tempatkan BTS di Jajaran Greatest Pop Star Abad 21, Billboard: BTS Paved The Way

Sebagai grup musik tujuh anggota dengan talenta individu yang masing-masing, BTS telah menciptakan era baru. Di Amerika Serikat, BTS telah mencetak enam hit Billboard Hot 100 No. 1 dan enam album No. 1 Billboard 200.

Liputan6.com, Yogyakarta - Dengan kuartal pertama abad ke-21 yang akan segera berakhir, Billboard merilis 25 bintang pop terbesar dalam 25 tahun terakhir. Salah satu grup yang masuk jajaran Greatest Pop Star of the 21st Century atau Bintang Pop Terbesar Abad 21 adalah BTS.

BTS berada di urutan ke-19 dalam daftar tersebut. Mengutip dari Billboard, BTS menjadi grup Kpop Korea Selatan yang telah mengambil alih dunia dan tangga lagu Billboard pada pergantian tahun 2020-an. Grup septet ini membawa industri musik K-pop ke kancah global sekaligus menetapkan standar untuk membuat hit tingkat tinggi selama dekade terakhir musik pop.

Sebagai grup musik tujuh anggota dengan talenta individu yang masing-masing, BTS telah menciptakan era baru. Di Amerika Serikat, BTS telah mencetak enam hit Billboard Hot 100 No. 1 dan enam album No. 1 Billboard 200.

Tak hanya sebagai grup, masing-masing member juga telah meraih kesuksesan sebagai solois selama beberapa tahun terakhir. Mereka menempati tangga lagu Billboard dan meraih penghargaan mereka sendiri.

Semua kesuksesan BTS berawal pada 2013 dengan debut di bawah naungan agensi kecil yang saat itu bernama Big Hit Entertainment. RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jung Kook debut dengan merilis EP 2 Cool 4 Skool pada Juni 2013.

Sayangnya, BTS tak langsung mendapat sambutan baik di negara asalnya Korea Selatan. Dalam biografi berjudul Beyond the Story, para anggota berbicara tentang genre yang sangat kompetitif hingga dijauhi oleh rekan-rekan di industri musik dan beberapa penggemar Kpop.

Mereka kemudian menciptakan gaya vlogging yang mampu mempererat hubungan yang lebih unik dengan penggemar mereka. Bahkan, mereka kerap mengajak nongkrong dan memasak para penggemar, sebuah aktivitas yang bisa dikatakan jauh dari norma Kpop pada masanya.

Meski BTS bukan grup Kpop pertama yang menemukan kesuksesan besar di dalam dan luar negeri, tetapi ada banyak hal yang membuatnya istimewa di sepanjang perjalanan mereka untuk menjadi superstar global. BTS memiliki lebih dari 75 juta pengikut di Instagram dan lebih dari 48 juta pengikut di X. Penggemar mereka bukan hanya remaja, melainkan dari beragam usia, ras, profesi, dan lainnya.

Salah satu kualitas utama yang membuat BTS menonjol sebagai bintang pop adalah kemampuan para anggota untuk memadukan genre. Dengan kekhasan gaya dan suara masing-masing, mereka mampu menyatu dengan baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kolaborasi

BTS juga telah berkolaborasi dengan banyak artis global. Beberapa di antaranya adalah Nicki Minaj, Megan Thee Stallion, Steve Aoki, Halsey, Coldplay, Jason Derulo, Lauv, dan masih banyak lagi. Untuk lagu solo, masing-masing member juga sempat menggandeng musisi besar lainnya.

BTS juga dikenal dengan aksi panggung memukau. Mereka bahkan menjadi salah satu grup yang mampu mengubah acara award seolah menjadi konser mereka.

Selain kemampuan menyanyi dan rap, salah satu yang menunjang penampilan panggung mereka adalah sinkronisasi tarian yang nyaris tanpa celah. Tak hanya tarian hip hop, mereka juga beberapa kali memamerkan keterampilan menari kontemporer hingga tarian interpretatif.

Dengan segala talenta yang dimiliki, BTS membawa Fake Love ke Billboard Music Awards (BBMA) pada 2018. Itu menjadi salah satu pertunjukan acara penghargaan besar AS pertama mereka.

Tahun selanjutnya, lagu Boy With Luv dirilis dengan menampilkan Halsey yang berhasil mencapai 10 besar Billboard Hot 100. Mereka juga menampilkan lagu tersebut di BBMA pada 2019.

Pada 2020, BTS merilis single berbahasa Inggris pertama, Dynamite, yang membawa mereka ke kesuksesan baru. Lagu ini menjadi No. 1 pertama BTS di Billboard Hot 100 sekaligus menjadi lagu Kpop pertama yang mencapai tangga lagu tersebut. Sebelumnya, hanya PSY mendekati posisi tersebut dengan Gangnam Style (No. 2).

Karya-karya BTS lainnya yang menempati tangga lagu global, di antaranya Savage Love, My Universe, Permission to Dance, Butter, dan lainnya. Lagu Dynamite, Butter, dan My Universe juga telah mengamankan lima nominasi Grammy untuk BTS.

Pada 2021 dan 2022, mereka diundang ke panggung Grammy. Mereka menampilkan aksi panggung memukau yang berhasil mendapat standing ovation dari para tamu.

 

3 dari 3 halaman

Artis Solo

Selain sebagai grup, tujuh anggota BTS juga telah melanjutkan kesuksesan grup sebagai artis solo. Meski sedang dalam aktivitas wajib militer, mereka terus menelurkan karya yang sebelumnya telah disiapkan.

Pada 2022, J-Hope menjadi artis Korea Selatan pertama yang menjadi headline panggung utama di festival musik besar AS Lollapalooza. Pada 2023, Suga mulai menggelar pertunjukan solonya di seluruh dunia.

Jimin membuat sejarah dengan merilis album solo pertamanya, FACE, dengan single Like Crazy yang menjadi lagu solo Korea pertama yang memuncaki Billboard Hot 100. Jung Kook jadi artis Korea Selatan pertama yang tampil di Piala Dunia dan meraih Billboard Hot 100 No. 1 untuk lagu solonya, Seven, yang menampilkan Latto.

Adapun RM, Jin, dan V, juga telah merilis musik solo yang sukses. Baru-baru ini, RM tampil di lagu Neva Play milik Megan Thee Stallion. Ia juga bekerja dengan Erykah Badu, Wale, dan Anderson. Paak, pada 2023.

Sementara itu, J-Hope bekerja sama dengan Becky G untuk lagu Chicken Noodle Soup dan ikon rap J. Cole untuk single On the Street. Serta beberapa musisi lainnya yang juga andil dalam proyek solo member BTS.

Secara garis besar, tak ada grup Kpop, atau bahkan grup pada umumnya, yang mampu mencapai apa yang dimiliki BTS abad ini. Seperti yang dikatakan beberapa tokoh penting dan artis Kpop lainnya bahwa 'BTS paved the way', Billboard juga mengatakan bahwa BTS benar-benar telah membuka jalan untuk artis-artis di industri Kpop lainnya untuk bisa melangkah lebih jauh ke pasar global.

(Resla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.