Sukses

Nasi Uduk Encim Sukaria, Kuliner Legendaris yang Wajib Dicoba di Tangerang

Nasi Uduk Encim Sukaria merupakan salah satu kuliner populer dan legendaris di Kota Tangerang. Tempat makan ini terkenal dengan sajian khas dan rasa yang konsisten selama berpuluh tahun berdiri.

Liputan6.com, Bandung - Kekayaan kuliner di Indonesia memang tidak pernah ada habisnya karena hampir setiap daerah mempunyai makanan khasnya tersendiri. Makanan khas tersebut tidak terlepas dari bahan-bahan lokal dan kebudayaan yang ada di daerah tersebut.

Misalnya saja di Tangerang, terdapat sejumlah kuliner menarik mulai dari kuliner tradisional hingga modern. Masyarakat atau bahkan wisatawan juga bisa mencicipi sajian makanan nikmat seperti makanan ringan atau makanan berat.

Setiap makanannya terkenal dengan rasa yang unik dan berhasil menggugah selera para penikmatnya. Kota Tangerang juga populer dikunjungi karena lokasinya yang tidak jauh dari pusat kota Jakarta.

Tangerang juga terkenal dengan perpaduan budayanya yang unik karena jadi lokasi bergabungnya sejumlah suku sepereti Betawi atau Sunda. Salah satu kuliner yang wajib untuk dicoba di kota ini adalah Nasi Uduk Encim Sukaria.

Sebagai informasi, nasi uduk merupakan hidangan yang cukup populer di Indonesia sebagai makanan tradisional. Makanan ini identik dengan sajian nasi yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah khas.

Penggunaan rempah-rempahnya juga menjadikan makanan ini memiliki aroma yang khas dan rasa gurih yang nikmat. Satu porsi nasi uduk biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk seperti telur balado, ayam goreng, dan lain-lain

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Nasi Uduk Encim Sukaria

Melansir dari situs resmi Kota Tangerang, Nasi Uduk Encim Sukaria merupakan kuliner legendaris di Tangerang yang sudah berdiri sejak 1970-an. Kuliner ini terkenal dengan menu nasi uduknya yang nikmat penuh rasa.

Para pembeli juga bisa menikmati nasi uduknya bersamaan dengan lauk pauk yang menggugah selera seperti jengkol, kuah kuning, lodeh, bakwan udang, labu siem, dan masih banyak lagi.

Sebagai kuliner yang legendaris, tempat makan ini bahkan mendapatkan penghargaan dari Museum Benteng Heritage. Sebab, cita rasanya yang masih sama meski telah berdiri berpuluh-puluh tahun.

Nasi Uduk Encim Sukaria juga menjadi salah satu ikon kuliner peranakan Tionghoa di Kota Tangerang.

3 dari 4 halaman

Daya Tarik Nasi Uduk Encim Sukaria

Nasi Uduk Encim Sukaria menjadi salah satu kuliner yang menarik perhatian tidak hanya di antara masyarakat tetapi juga wisatawan. Tempat makan ini termasuk sebagai ikon kuliner legendaris di Kota Tangerang.

Selain itu, Nasi Uduk Encim Sukaria juga terkenal karena rasanya yang masih sama dari tahun ke tahun. Bahkan berhasil bertahan meski telah berdiri selama puluhan tahun dengan pelanggan yang masih setia.

“RM. Nasi Uduk Encim Sukaria ini telah ada di sini sejak lama. Bertahan melewati masa ke masa, Nasi Uduk Encim Sukaria tetap dinikmati banyak pelanggan bahkan sampai berhasil memikat pelanggan dari berbagai ke daerah,” kata Kim Tjiang mengutip dari Kota Tangerang pada rabu (20/9/2024).

Menurut sang pemilik, Nasi Uduk Encim Sukaria mempunyai salah satu sajian yang sering jadi incaran yaitu bakwan udang. Menu makanan tersebut jadi sajian khas yang nikmat disantap bersama nasi uduknya.

Berdasarkan dari menu di Instagramnya tempat makan ini memiliki beragam pilihan menu seperti Nasi Uduk, Ketupat Sayur, Nasi Ulam, Aneka Kue Basah, hingga Aneka Kue Kering.

4 dari 4 halaman

Lokasi dan Rute ke Nasi Uduk Encim Sukaria

Nasi Uduk Encim Sukaria berlokasi di Jl. Kh. Soleh Ali No.90, RT.002/RW.011, Sukasari, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten dengan jam buka setiap hari pukul 07.00 hingga 13.00 WIB.

Lokasinya berada di tengah kota Tangerang dan tidak jauh dari sejumlah tempat populer di Tangerang. Salah satunya dekat dengan Stadion Benteng yang berjarak sekitar 1,6 km atau 7 menit perjalanan menggunakan mobil.

Kemudian, tempatnya juga tidak jauh dari kawasan populer Pasar Lama Tangerang karena berjarak sekitar 1,2 km atau 5 menit perjalanan. Selain itu untuk pengunjung yang datang menggunakan transportasi umum bisa menaiki kereta,

Diketahui tempatnya hanya berjarak sekitar 1,2 km atau 5 menit perjalanan dari Stasiun Tangerang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini