Sukses

Jadi Abdi Masyarakat, ASN Kemenkumham Diminta Lakukan 5 Hal Ini!

Memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, merupakan sebuah kewajiban bagi para aparatur sipil negara (ASN). Hal ini harus menjadi landasan bagi para abdi negara di dalam menjalakan tugasnya.

Liputan6.com, Jakarta - Memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, merupakan sebuah kewajiban bagi para aparatur sipil negara (ASN). Hal ini harus menjadi landasan bagi para abdi negara di dalam menjalakan tugasnya.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Supratman Andi Agtas, menekankan ada 5 pesan yang ia tuangkan kepada jajarannya. Pertama, ia mengharuskan jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Kedua, para jajaranya harus mampu bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai standar operasional, hati tenang, dan tanggung jawab. Kemudian yang ketiga yaitu, menjadikan pekerjaan sebagai ladang ibadah.

Sementara yang keempat, ia mengingatkan jajaranya untuk memberikan kontribusi terbaik bagi organisasi. Terakhir, yang kelima, ia meminta jajarannya harus dapat berkolaborasi, bersinergi dan berintegritas.

“Tugas utama kita adalah melayani. Jadikan pelayanan ini sebagai bentuk pengabdian bersama,” ungkap Supratman Andi Agtas, dilansir dari laman resmi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Sabtu (14/09/2024).

Menkumham juga menyampaikan agar seluruh pejabat dan pegawai di Kemenkumham dapat menjaga kekompakan dalam bekerja. Selain itu, Menkumham juga mengingatkan kepada seluruhh jajaran, agar memberikan senyum saat melayani masyarakat.

“Senyum itu hal yang penting dalam pelayanan. Melalui senyuman, masyarakat akan lebih merasakan ketulusan layanan yang diberikan,” tambah Supratman.

Hal senada dikatakan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Babel, Harun Sulianto. Ia mengatakan kolaborasi sangat diperlukan, karena dengan bekerja sama dapat terwujud hasil yang optimal.

Harun menilai jika integritas merupakan pondasi dari seluruh tindakan. Bahkan, ia meminta seluruh jajarannya untuk bertindak transparan dan menjaga amanah yang dipercayakan dengan sebaik-baiknya.

“Seluruh jajaran juga perlu bersinergi, karena hal tersebut dapat menyatukan kekuatan dan potensi yang ada. Sehingga segala tantangan dan masalah dapat dihadapi dengan lebih efektif dan efisien,” ujar Harun.

Selain itu, ia juga berpesan dalam melaksanakan tugas, pegawai juga perlu menanamkan bahwa bekerja merupakan suatu ibadah. Hal ini tentunya akan memberikan kontribusi terbaik bagi organisasi dan masyarakat.

“Tindaklanjuti pengaduan masyarakat, serta jaga sopan santun dan keramahan dalam melayani,” ingat Harun.

Harun juga tak henti-hentinya mengingatkan jajaranya untuk menerapkan 3 Kunci Pemasyarakatan Maju, yaitu deteksi dini, sinergi dengan Aparat Penegak Hukum (APH), berantas narkoba.

“Antisipasi tetap waspada terhadap kejadian yang mungkin terjadi di Lapas seperti pelarian, peredaran narkoba, masuknya senjata tajam, hp ilegal, kerusuhan, dan kejadian kontijensi lainnya,” pungkasnya Harun.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.