Sukses

Commuter Line Walahar Anjlok, Seluruh Penumpang dan Kru Selamat

Akibat kejadian anjlok, perjalanan KA Commuter Line Walahar sempat terhenti sejenak untuk memastikan kondisi dari seluruh rangkaian.

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (PT KAI Daop) 2 Bandung menyatakan, seluruh penumpang dan kru Kereta Api (KA) Commuter Line Walahar Ekonomi (KA 317) relasi Purwakarta-Cikarang seluruhnya selamat, usai satu gerbong kereta pembangkitnya anjlok di petak jalan antara Stasiun Purwakarta-Cibungur pada Minggu (15/9/2024).

Menurut Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Ayep Hanapi, gerbong kereta pembangkit yang mengalami anjlokan tersebut terletak di bagian akhir rangkaian KA.

"Para penumpang dan kru KA Walahar selamat, serta perjalanan di wilayah tersebut masih bisa dilalui karena masih terdapat satu jalur yang masih digunakan," ujar Ayep dalam siaran medianya, Bandung, Minggu (15/9/2024).

Ayep menyebutkan akibat kejadian ini, perjalanan KA Commuter Line Walahar sempat terhenti sejenak untuk memastikan kondisi dari seluruh rangkaian.

Namun, KA Commuter Line Walahar kemudian dapat melanjutkan perjalanannya ke Stasiun Cibungur dengan meninggalkan kereta pembangkit di petak jalan tersebut untuk dilakukan evakuasi oleh tim teknis PT KAI Daop 2 Bandung dan PT KCI.

"Saat ini, PT KAI Daop 2 Bandung sedang fokus untuk melakukan evakuasi rangkaian di petak jalan tersebut dengan menyiapkan Kereta Penolong dan Tim Evakuasi," kata Ayep.

Ayeo menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan kereta api akibat adanya kejadian ini.

Tim Teknis KAI Daop 2 Bandung dan KCI telah bergerak cepat melakukan penanganan dan proses evakuasi guna memulihkan jalur serta memastikan keselamatan perjalanan kereta api ke depannya.

"Saat ini, proses perbaikan terus dilakukan dengan harapan jalur dapat kembali normal secepat mungkin," tukas Ayep.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penumpang Masa Libur Panjang

Sebelumnya, Ayep menuturkan pada masa libur panjang (long weekend) 13-16 September 2024, tercatat per Sabtu (14/9)ada 34.458 penumpang yang datang ke Kota Bandung menggunakan kereta api pada long weekend ini.

"Berbagai rute favorit penumpang datang ke Kota Bandung berasal dari Jakarta, Cirebon, Semarang, hingga Surabaya menuju Stasiun Bandung dan Kiaracondong. Data menunjukkan terjadi peningkatan yang signifikan yakni sebesar 24,7 persen dari weekend minggu lalu (Jumat-Senin, 6-9 September 2024). Pada long weekend lalu tercatat 27.724 penumpang datang ke Kota Bandung," jelas Ayep.

Ayep menyebutkan faktor kemudahan akses serta kenyamanan transportasi kereta api menjadi salah satu daya tarik utama bagi wisatawan.

Keunggulan kereta api sebagai moda transportasi yang semakin diminati oleh masyarakat Indonesia menjadi favorit pilihan untuk bepergian.

"Kereta api sebagai pilihan transportasi favorit. Selain harga tiket yang terjangkau, kereta api menawarkan kenyamanan lebih dengan pemandangan alam yang indah selama perjalanan menuju Bandung. Kereta api kelas eksekutif, bisnis, maupun ekonomi kini dilengkapi fasilitas yang nyaman dengan harga yang terjangkau di semua kalangan," terang Ayep.

Dengan berbagai keunggulan lanjut Ayep, seperti bebas dari kemacetan, tepat waktu, serta kemudahan akses dari dan menuju stasiun yang berada di jantung kota-kota besar, kereta api menjadi solusi transportasi yang efisien dan nyaman.

 

3 dari 3 halaman

Wisata Menarik Kota Bandung

Bandung kembali menjadi salah satu destinasi utama wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Kota yang dikenal dengan sebutan 'Paris van Java' ini menawarkan berbagai atraksi wisata, mulai dari keindahan alam, kuliner, hingga wisata budaya yang cocok dinikmati oleh keluarga, pasangan, maupun wisatawan solo.

Bandung menyediakan berbagai atraksi wisata menarik. Para wisatawan yang berkunjung ke Bandung dapat menikmati berbagai tempat wisata unggulan, di antaranya:

1. Lembang dan Dago Pakar-Area pegunungan yang sejuk dengan panorama alam yang memukau. Pengunjung dapat menjelajahi Tangkuban Perahu, Farmhouse Lembang, atau mengunjungi Tebing Keraton di Dago Pakar.

2. Kawasan Braga dan Asia Afrika-Kawasan bersejarah yang menawarkan pesona arsitektur kolonial, kuliner lokal, dan pusat perbelanjaan cinderamata.

3. Kawah Putih dan Ranca Upas-Berlokasi di Ciwidey, wisatawan dapat menikmati pesona kawah belerang dengan air berwarna putih kehijauan, serta berinteraksi dengan rusa di Ranca Upas.

4. Dusun Bambu dan Orchid Forest Cikole-Destinasi wisata alam yang menenangkan dengan pemandangan hutan pinus yang asri serta spot foto instagrammable yang menarik.

5. Wisata Kuliner-Bandung dikenal dengan berbagai makanan khasnya seperti surabi, batagor, siomay, dan berbagai inovasi kuliner modern. Pusat kuliner ada di Braga, Dago, Cihampelas, dan Paskal Food Market selalu ramai oleh wisatawan.

6. Wisata Belanja-Bandung juga dikenal sebagai kota fashion dengan berbagai factory outlet dan distro yang menjual pakaian dengan harga terjangkau. Kawasan Dago dan Cihampelas merupakan pusat perbelanjaan yang banyak dikunjungi wisatawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini