Sukses

Hank Williams dan Hari Musik Country Internasional 17 September

Meski Hari Musik Country Internasional baru menjadi fenomena di seluruh dunia pada 2003, tetapi musik country telah berkembang sejak 1920-an di AS.

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Musik Country Internasional atau International Country Music Day diperingati pada 17 September setiap tahunnya. Peringatan ini dirayakan dengan menggelar festival, konser, tarian, dan semua jenis acara lainnya untuk menghormati genre Amerika yang khas ini.

Mengutip dari National Today, musik country memiliki kedalaman genre yang menawarkan sesuatu untuk semua orang. Sejak lagu milik Hank Williams berjudul Hey Good Lookin' hingga lagu-lagu country baru seperti Red Solo Cup dari Toby Keith, musik country menjadi salah satu jenis musik yang masih banyak diminati hingga kini.

Meski Hari Musik Country Internasional baru menjadi fenomena di seluruh dunia pada 2003, tetapi musik country telah berkembang sejak 1920-an di AS. Bentuk musiknya adalah hasil dari campuran delta blues, pppalachian folk, musik cajun, creole zydeco, dan lainnya. Saat ini, orang-orang sering menganggap genre ini sebagai old country yang telah sangat populer sejak 1950-an.

Selama masa keemasan ini, banyak seniman yang telah memberi cerita yang tak terlupakan, seperti Johnny Cash, Waylon Jennings, Willie Nelson, dan tentu saja Hank Williams. Berbicara tentang Hank Williams, pemilihan 17 September sebagai peringatan Hari Musik Country Internasional diambil dari hari kelahiran Williams.

Tak bisa dipungkiri, Williams merupakan ikon musik country yang telah meninggalkan banyak lagu country berkualitas. Karya-maryanya menjadi warisan musik country yang abadi sepanjang masa, seperti Cold Cold Heart hingga Lost Highway.

Faktanya, keseluruhan 35 single yang direkam Williams mencapai sepuluh besar di tangga lagu Billboard Country & Western Bestsellers. Bahkan, 11 di antaranya mencapai posisi nomor satu.

New country, di sisi lain, adalah subgenre yang diwakili oleh kumpulan penyanyi dan penulis lagu yang sama berbakatnya, termasuk Dierks Bentley, Miranda Lambert, Keith Urban, dan banyak lagi. Banyak musisi generasi muda bergenre country yang lahir seiring berjalannya waktu.

Musik country tidak menunjukkan tanda-tanda melambat atau hilang. Terlebih, lestarinya musik country semakin diperkuat dengan keberadaan Hari Musik Country Internasional setiap 17 September. Momen ini bisa menjadi kesempatan untuk menemukan alasan begitu banyaknya orang di seluruh dunia yang menyukai musik country.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.