Sukses

Pilihan Karier Lulusan Prodi Bahasa Asing Terapan SV Undip

Salah satu alumni Sekolah Vokasi Undip memilih berkarier dalam bidang yang berhubungan dengan broadcast, ini menjadi bukti bahwa kreativitas menjadi kunci.

Liputan6.com, Semarang - Namanya Rafi Fauzi Wibowo. Ia lulusan Prodi Bahasa Asing Terapan Sekolah Vokasi Undip. Diwisuda Agustus 2024 dan kini sudah memiliki portofolio mentereng. Kreativitasnya menunjang ambisinya untuk berprestasi.

Menurut Kepala Prodi Bahasa Asing Terapan SV Undip Sriwahyu Istana Trahutami SS MHum, Rafi memulai petualangannya dengan menulis 10 harapan yang akan dicapai semasa kuliah.

"Tulisannya itu menjadi pemandu Rafi untuk berprestasi di bidang akademik maupun non akademik," kata Sriwahyu.

Prestasi dimulai dari bidang fotografi dan podcast. Kedua bidang tersebut menetaskan 7 penghargaan baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Diantaranya Juara 3 Lomba Fotografi PLN ICE 2020 dan Juara 2 Lomba Podcast Dinusfest 2021. 

Tak puas, Rafi merambah bidang kebahasaan yakni mengikuti Duta Bahasa Jawa Tengah 2021. Berbekal kegigihan, keingintahuan yang tinggi, serta dukungan yang cukup, Rafi berhasil meraih Pemenang 2 Duta Bahasa Jawa Tengah 2021.

"Dalam 3 tahun perkuliahan Rafi meraih lebih dari sepuluh prestasi," kata Sriwahyu .

Ternyata Rafi membuktikan bahwa ada banyak hal yang dapat dilakukan dalam satu waktu. Ia menjadi seorang Radio Announcer selama 1 tahun dan menjadi presenter Kompas TV Jawa Tengah selama 2 tahun. Serta menjadi seorang profesional MC, moderator, dan public speaker sampai saat ini.

Berbekal pengalaman tersebut, pada tahun 2023 Rafi, mahasiswa angkatan 2020 ini, berhasil mendapatkan kursi di MSIB Batch 5 terkhusus di CNN Indonesia sebagai News Developer Intern.

Magang selesai, Rafi menerima beasiswa Fully Funded Indonesian Youth Excursion Network Kuala Lumpur, Malaysia 2024.

Sampailah di pelabuhan terakhir seorang mahasiswa vokasi yakni Tugas Akhir. Rafi memilih untuk membuat film pendek dengan judul "Asa dan Rasa".

Sebuah film pendek yang sederhana, tentang persahabatan, dan pariwisata Kota Semarang. Rafi menjadi mahasiswa pertama yang melaksanakan sidang di angkatannya. 

Saat menunggu wisuda, Rafi mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kontestasi Milenialls Cinta, Bangga, dan Paham Rupiah tingkat Nasional. Berkat pengalaman sebelumnya sebagai penerima beasiswa Bank Indonesia tahun 2023, Rafi berhasil meraih Top 6 dalam kontestasi ini. 

"Saat ini, Rafi fokus untuk menitih karirnya dan menyiapkan kebutuhan untuk melanjutkan studi S2 nya," kata Sriwahyu Istana Trahutami SS MHum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini