Sukses

Bangun Identitas, Pentingnya Personal Branding bagi Mahasiswa

Lantas bagaimana cara membangun personal branding untuk mahasiswa? Bagaimana cara membangun personal branding untuk mahasiswa, dan juga gimana personal branding itu dapat membantu mahasiswa dalam dunia kerja?

Liputan6.com, Yogyakarta - Influencer yang juga penyanyi, Agatha Chelsea memberikan pengalamannya kepada mahasiswa UGM tentang pentingnya personal branding atau cara untuk membangun identitas dan nilai unik diri. Menurutnya untuk mahasiswa, personal branding sangat penting dalam membangun citra diri yang positif dan profesional. “Personal branding penting bagi mahasiswa. Tidak hanya untuk membangun citra diri positif dan profesional, tetapi membantu menonjol di tengah lautan orang,” paparnya saat acara BNB Campus Roadshow bekerjasama dengan BEM FEB UGM di Gedung Pembelajaran Lantai 8 FEB UGM, Jumat 6 September 2024.

Menurut Agatha Chelsea bagi mahasiswa yang ingin membangun personal branding ada beberapa langkah. Langkah awal, mahasiswa perlu mengenal diri sendiri, apa yang disukai, apa yang dikuasai, dan apa nilai-nilai yang dipegang teguh, lalu, mahasiswa perlu menentukan target audiens, siapa yang ingin dijangkau dengan personal branding yang dibangun. “Setelah itu, mahasiswa perlu mencari pembeda, apa yang membuat diri pribadi unik dan berbeda dari mahasiswa lain di bidang yang telah ditentukan,” jelasnya.

Setelah itu, lanjut Agatha, merumuskan pesan yang ingin disampaikan kepada dunia melalui personal branding tersebut. Hal penting lainnya adalah memilih platform yang tepat dan konsisten dalam membangun personal branding. Agatha Chelsea mengatakan personal branding dapat membantu mahasiswa dalam membangun kredibilitas dan menunjukkan kepada calon pemberi kerja jika mereka adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang dilamar. “Selain itu, personal branding juga membantu mahasiswa membangun jaringan profesional dan meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.