Sukses

Serba-serbi iOS 18, Sudah Tersedia di Indonesia

Sistem operasi iOS 18 juga menghadirkan banyak fitur baru yang lebih personal. Mengutip dari berbagai sumber, berikut serba-seri iOS 18.

Liputan6.com, Yogyakarta - Sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan oleh Apple Inc versi terbaru, iOS 18, telah tersedia di Indonesia. Versi terbarunya menghadirkan berbagai fitur menarik yang tidak tersedia di versi sebelumnya.

Sistem operasi iOS 18 juga menghadirkan banyak fitur baru yang lebih personal. Mengutip dari berbagai sumber, berikut serba-seri iOS 18:

1. Daftar iPhone yang kebagian iOS 18

Tidak semua seri iPhone bisa menginstal iOS 18. Seperti versi iOS sebelumnya, seri iPhone bakal dibatasi untuk setiap rilisnya versi iOS terbaru.

Untuk iOS 18, seri iPhone paling lama yang kebagian sistem operasi ini adalah seri iPhone SE, baik yang 2nd generation maupun terbaru. Seri selanjutnya hingga terbaru, iPhone 16, otomatis dapat menginstal sistem operasi ini.

Dengan demikian, daftar iPhone yang bisa menginstall update iOS 18 adalah:

- iPhone SE (2nd generation atau terbaru)

- iPhone XR

- iPhone XS

- iPhone XS Max

- iPhone 11

- iPhone 11 Pro

- iPhone 11 Pro Max

- iPhone 12

- iPhone 12 mini

- iPhone 12 Pro

- iPhone 12 Pro Max

- iPhone 13

- iPhone 13 mini

- iPhone 13 Pro

- iPhone 13 Pro Max

- iPhone 14

- iPhone 14 Plus

- iPhone 14 Pro

- iPhone 14 Pro Max

- iPhone 15

- iPhone 15 Plus

- iPhone 15 Pro

- iPhone 15 Pro Max

- iPhone 16

- iPhone 16 Plus

- iPhone 16 Pro

- iPhone 16 Pro Max

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Download iOS 18

2. Cara download iOS 18

Setelah mengecek apakah perangkat kamu sudah mendukung untuk iOS 18, maka langkah selanjutnya adalah mulai mendownload. Untuk mendownload iOS 18 pada perangkat iPhone, disarankan menggunakan koneksi WiFi.

Hal ini dikarenakan ukuran file yang diunduh cukup besar. Selain itu, kamu juga perlu melakukan back-up data terlebih dahulu sebelum mulai mendownload.

Jika perangkat sudah di-back-up dan tersambung WiFi, maka perangkat sudah siap untuk diinstal iOS 18. Berikut langkah-langkahnya:

- Buka Pengaturan atau Setting

- Ketuk Umum atau General

- Klik Pembaruan Perangkat Lunak atau Software Update

- Jika perangkat iPhone kompatible untuk iOS 18, maka akan tombol update akan langsung tersedia

- Untuk mendownload, klik Tingkatkan ke iOS 18

- Selanjutnya, perangkat secara otomatis akan mulai mengunduh iOS 18 ke iPhone dengan durasi download beragam

- Setelah diunduh, iPhone akan menginstal sistem operasi baru

 

3. Fitur baru iOS 18

Setelah perangkat iPhone berhasil menginstal iOS 18, saat mencoba berbagai fitur terbarunya. Berikut beberapa fitur baru pada iOS 18:

- Aplikasi Photos

Pada aplikasi Photos terdapat penyederhanaan dalam proses menemukan dan menghidupkan kembali momen-momen berharga di setiap foto. Terdapat kategori baru, seperti Recent Days, People & Pets, dan Trips, yang secara otomatis mengatur pustaka menggunakan kecerdasan pada perangkat.

Pengguna akan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari setiap momen foto yang diinginkan. Selain itu, pengguna juga dapat menyesuaikan pengalaman mereka dengan membuat tata letak yang dipersonalisasi dan menyematkan koleksi favorit mereka untuk akses yang lebih mudah.

- Game Mode

Game Mode atau Mode Game pada iOS 18 meningkatkan pengalaman bermain game dengan frame rate yang lebih konsisten, terutama selama sesi bermain yang panjang. Fitur ini juga membuat AirPods, pengontrol game, dan aksesori nirkabel lainnya lebih responsif.

- Hidden Folder

Sistem operasi iOS 18 menawarkan fitur yang lebih personal dengan adanya Hidden Folder. Fitur ini berguna untuk para pengguna yang ingin menyimpan aplikasi dan tak ingin diakses orang lain.

Para pengguna bisa mengaktifkan otentifikasi, baik Face ID maupun kode sandi, untuk membuatnya lebih aman. Sehingga, aplikasi-aplikasi tersebut hanya bisa dibuka oleh pemiliknya.

- Kustomisasi Home Screen dan Control Center

Sistem operasi iOS 18 memungkinkan penggunanya untuk dapat menyesuaikan Home Screen dan Control Panel. Pengguna dapat menempatkan ikon aplikasi dan widget untuk membingkai wallpaper. Selain itu, tata letak di setiap halaman juga bisa diatur sesuai keinginan.

Terdapat pula pilihan terang atau gelap dengan pilihan ukuran standar atau lebih besar pada ikon aplikasi dan widget saat ditampilkan. Adapun Control Center telah didesain ulang agar lebih fleksibel karena Apple mengelompokkannya menjadi Favorit, Koneksi, dan Pemutaran Media.

- Password

Passwords adalah aplikasi baru yang dibangun di atas fondasi Keychain yang menyederhanakan akses kata sandi dan tampilan kredensial. Aplikasi ini menyimpan kata sandi, kode akses, dan kode verifikasi dengan aman di satu tempat.

Fitur Passwords menawarkan sinkronisasi perangkat yang lancar dan memberi tahu pengguna tentang potensi risiko keamanan. Mereka akan memberi tahu tentang kata sandi yang mudah ditebak, penggunaan berulang, hingga kebocoran data.

- Pesan

Fitur Pesan atau Messages dilengkapi dengan efek teks baru yang membuat percakapan menjadi lebih hidup. Fitur terbaru ini memperjelas huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan yang dinamis dan beranimasi.

Pengguna dapat mengungkapkan nada lebih baik dengan menambahkan format seperti huruf tebal, garis bawah, huruf miring, hingga coretan. Tapback kini menyertakan emoji atau stiker apa pun.

Saat ini, pengguna juga dapat membuat pesan dan menjadwalkan untuk mengirimnya di lain waktu.

Ketika mengirim pesan kepada kontak yang tidak memiliki perangkat Apple, aplikasi Pesan kini mendukung RCS untuk media yang lebih kaya dan pengiriman pesan grup yang lebih andal dibandingkan SMS dan MMS.

- Safari

Sistem pencarian pada iPhone, Safari, menawarkan lebih banyak kemampuan untuk menjelajah web dengan iOS 18. Terdapat fitur Distraction Control yang memungkinkan pengguna menyembunyikan item yang mengganggu di halaman web, seperti banner sign-in atau overlay konten.

Safari secara cerdas menampilkan informasi penting setelah halaman web dimuat, seperti alamat lokasi, ringkasan, atau detail lebih lanjut tentang film, acara TV, atau lagu. Reader yang didesain ulang menyediakan tampilan, ringkasan, dan daftar isi yang lebih sederhana untuk artikel yang lebih panjang.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini