Sukses

Usai Atraksi Memukau di Bali Airshow 2024, Penerbang Aerobatik TNI AU Banjir Pujian

Salah satu penerbang aerobatik di pembukaan Bali International Airshow mengaku nervous ketika melakukan aksi keren mereka.

Liputan6.com, Badung - Pembukaan ajang Bali International Airshow 2024 resmi dibuka Rabu pagi 18 September 2024, pembukaan yang diwarnai dengan atraksi dari para penerbang TNI AU yang tergabung di Tim Aerobatik Jupiter TNI AU. Enam buah pesawat jenis KT-1B Wongbee dengan ciri khas warna merah dan putih diterbangkan oleh enam orang kapten penerbang dari TNI AD.

Dari pantauan di lapangan atraksi yang dilakukan penerbang-penerbang elite TNI AD tersebut membuat manuver yang rumit dan membuat ribuan pengunjung yang hadir dalam pembukaan Bali Airshow 2024 itu terkagum-kagum.

Yang paling menarik adalah ketika manuver membentuk gambar hati dari dua buah pesawat pada atraksi tersebut. Pesawat dengan lebar sayap 10,6 meter, kecepatan tertinggi 350 knot (648,2 km/jam) tersebut tak hanya sukses di pembukaan Bali International Airshow 2024 saja, para penerbang dan pesawat yang sama juga pernah sukses di ajang Langkawi International Maritime and Aerospace Exhibition 2023 san Singapore Airshow 2024.

Salah satu penerbang elite dalam aerobatik Rabu pagi itu adalah, Chief Operation Tim Aerobatik TNI AU, Bayu Anugerah usai mendaratkan pesawat KT-1B Wongbee ucapan selamat berdatangan dari koleganya serta para pengunjung yang hadir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Pujian

Kepada Liputan6.com Kapten Bayu menyebut dirinya keringetan, namun meski begitu dirinya tetap bisa menguasai dirinya hingga bisa menyelesaikan atraksi di langit Bali dengan berkesan. "Rasanya kemringet (keringetan) selama 20 menit di udara dan sukses dengan hasil luar biasa," katanya usai turun dari pesawat.

Menurutnya, dengan hasil sempurna pada pertunjukan udara bersama 5 rekannya yang lain itu tak terlepas dari upaya mereka yang sudah berlatih sejak 1 bulan sebelum acara Bali International Airshow 2024 tersebut. "Untuk mempersiapkan ini (airshow) kami sudah lakukan sejak satu bulan lebih," ungkap dia.

Di sisi lain, Basuki yang hadir sebagai perwakilan satu perusahaan penerbangan mengaku kagum dengan keahlian Tim TNI AD dalam menampilkan atraksi di ajang Bali International Airshow 2024 itu. Ia bahkan tidak menghiraukan teriknya sinar matahari pada hari itu guna menyaksikan atraksi tersebut. Daniel bahkan merekam dari awal hingga akhir atraksi dari Tim Aerobatik Jupiter itu dari awal hingga akhir. 

Dia langsung menghampiri para penerbang Jupiter itu dengan meminta foto dan memberinya ucapan selamat. "Dulu waktu airshow di Jakarta saya masih sekolah dan tidak bisa melihat langsung. Sekarang bisa langsung melihat penerbang TNI ini beratraksi seperti menari-nari di udara. Senang dan selamat tim Jupiter," kata Basuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini