Sukses

Cerita Varadisa Septi Putri Pertahankan Emas Cabor Gulat di PON XXI Berkat Konsistensi

Varadisa Septi Putri, atlet gulat putri Jawa Timur (Jatim), sukses mempertahankan gelar juara dan menyabet Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Liputan6.com, Binjai Varadisa Septi Putri, atlet gulat putri Jawa Timur (Jatim), sukses mempertahankan gelar juara dan menyabet Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Konsistensi menjadi kata kunci bagi seorang Varadisa. Di laga final yang berlangsung di GOR Binjai, Rabu malam, 18 September 2024, Varadisa mengalahkan pegulat Kalimantan Selatan (Kalsel), Natrusnicu Roxana Andrea.

Dengan hasil kemenangan di final Kelas 76 Kg Gaya Bebas Putri itu, Varadisa berhak menyabet Medali Emas. Varadisa mengaku, hasil yang diraihnya buah dari konsistensi selama ini dalam berlatih, disiplin, fokus, dan memiliki tekad kuat.

"Alhamdulillah, saya sukses mempertahankan Emas di PON kali ini, di Sumut," ujarnya.

Diketahui, pada PON 2021 di Papua, Varadisa juga meraih Medali Emas Cabor Gulat. Tak hanya itu, pada ajang SEA Games 2023 di Kamboja, Varadisa juga berhasil mempersembahkan Medali Emas untuk Indonesia.

"Alhamdulillah, perjuangan saya membuahkan hasil maksimal. Selama ini saya latihan dengan keras, untuk SEA Games di Kamboja, Pra PON, POMNAS, Test Event, dan menuju PON ini. Alhamdulillah bisa mempertahankan juara di Kelas 76 Kg," bebernya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Target SEA Games Thailand

Mengenai SEA Games 2025 di Thailand, Varadisa Septi Putri mengaku akan tetap terus berlatih mempersiapkan diri untuk kembali menargetkan meraih Medali Emas. Dia akan berjuang lebih baik lagi di SEA Games Thailand.

"Saya juga melatih anak-anak gulat Malang. Harapannya untuk mereka harus semangat berlatih, agar bisa menyusul saya di PON selanjutnya. Di PON NTB," tegasnya.

Varadisa mengaku masih siap untuk berlaga di PON XXII NTB dan NTT tahun 2028 yang diberinama PON Nusa Tenggara.

Kemenangan Varadisa didedikasikannya untuk keluarga, kedua orang tua, para pendukung di Jawa Timur, teman-teman yang datang langsung dari Jawa Timur, yang sudah mendukungnya selama ini.

"Saya dedikasikan juga untuk teman-teman yang selama ini berlatih bersama saya. Bapak saya juga selalu setia mendampingi saya dari Kabupaten Malang, selalu mendukung saya," tandasnya.

3 dari 4 halaman

Kaltim Juara Umum Cabor Gulat PON XXI

Kalimantan Timur (Kaltim) keluar sebagai juara umum Cabang Olahraga (Cabor) Gulat PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang dipertandingkan selama 4 hari, mulai 16 hingga 19 September 2024 di GOR Binjai.

Kaltim keluar sebagai juara dengan perolehan 5 Medali Emas, 4 Perak, dan 6 Perunggu. Sementara di posisi kedua ditempati Jatim yang juga memperoleh 5 Emas, 4 Perak, namun kalah di perolehan Perunggu dengan raihan 5.

Kemudian di posisi ketiga ditempati Jawa Barat (Jabar) dengan 2 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu. DKI Jakarta di posisi keempat dengan raihan 2 Emas, 1 Perak, 2 Perunggu. Kalimantan Selatan (Kalsel) 1 Emas, 3 Perak, 4 Perunggu.

Tuan Rumah Sumut harus puas di posisi 9 dengan tidak mampu menyumbangkan Emas, namun meraih 3 Medali Perak, dan 5 Perunggu. Aceh sama sekali tidak memperoleh medali di Cabor Gulat PON XXI.

4 dari 4 halaman

Rekapitulasi Raihan Medali

1. Kaltim 5 Emas, 4 Perak, 6 Perunggu.

2. Jatim 5 Emas, 4 Perak, 5 Perunggu.

3. Jabar 2 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu.

4. DKI Jakarta 2 Emas, 1 Perak, 2 Perunggu.

5. Kalsel 1 Emas, 3 Perak, 4 Perunggu.

6. Sumbar 1 Emas, 0 Perak, 3 Perunggu.

7. Jateng 1 Emas, 0 Perak, 2 Perunggu.

8. Banten 1 Emas, 0 Perak, 0 Perunggu.

9. Sumut 0 Emas, 3 Perak, 5 Perunggu.

10. Papua 0 Emas, 1 Perak, 0 Perunggu.

11. Jambi 0 Emas, 0 Perak, 2 Perunggu.

12. NTB 0 Emas, 0 Perak, 1 Perunggu.

13. Sumsel 0 Emas, 0 Perak, 1 Perunggu.

14. Bengkulu 0 Emas, 0 Perak, 1 Perunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.