Sukses

Indahnya Kota Lama Semarang, Tampilkan Wisata Bersejarah untuk Libur Keluarga

Kota Lama Semarang menawarkan tempat wisata menarik untuk melihat gedung-gedung khas era kolonial. Tempat ini memiliki suasana yang indah bagaikan di Eropa.

Liputan6.com, Bandung - Kota Semarang menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga, pasangan, atau teman. Salah satu wisata yang menarik untuk dilakukan di kota ini adalah melihat pesona sejarah dari arsitektur kolonial yang masih tersisa.

Diketahui ada banyak bangunan bersejarah yang menjadi saksi bisu bagaimana masa kolonial sebelum Indonesia merdeka. Mengunjungi kota ini tentu menawarkan pengalaman yang menarik karena setiap sudutnya menyimpan kisah yang tak terlupakan.

Salah satu kawasan yang kaya akan tempat bersejarah tersebut adalah kawasan Kota Lama Semarang. Destinasi ini masih menyimpan bangunan-bangunan kolonial yang membawa pengunjung seperti berada di Eropa.

Kawasannya masih menampilkan bangunan yang kokoh dan megah untuk berjalan-jalan. Kemudian, pengunjung bisa mendapatkan pengalaman menarik seolah seperti kembali ke masa lampau.

Kota Lama Semarang juga jadi kawasan yang disukai oleh para fotografer dan pencinta arsitektur. Terutama untuk mengabadikan atau melihat bagaimana keindahan arsitektur klasik di kotanya.

Misalnya saja di Lawang Sewu gedungnya masih berdiri kokoh dengan cantik menampilkan bagaimana indahnya arsitektur zaman kolonial. Di tempat ini pengunjung juga bisa melihat museum bersejarah atau berfoto santai.

Tidak jauh dari tempatnya juga terdapat sejarah tentang sejarah kereta api sehingga cocok dikunjungi oleh para pencinta kereta atau lokomotif. Kawasan Kota Lama Semarang juga jadi destinasi yang wajib dikunjungi ketika berlibur di Semarang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Kota Lama Semarang

Melansir dari situs resmi Visit Jawa Tengah kawasan wisata ini menjadi kawasan cagar budaya karena masih terdapat gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan masa Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun.

Kawasan ini tentu menyimpan banyak sejarah karena ketika masa kolonial merupakan pusat pemerintahan. Gedung-gedung di sekitarnya juga menyimpan arsitektur yang masih bergaya khas Eropa.

Pengunjung bisa melihat bagaimana desain pintu utama dan jendelanya yang identik dengan ukuran yang besar. Kemudian masih menyimpan elemen dekoratif dengan langit-langit yang tinggi.

Tempat wisata ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang ingin melihat bagaimana sejarah di Semarang atau berjalan santai menyusuri setiap sudut kotanya. Selain itu, Kota Lama Semarang juga menyimpan sejumlah spot wisata yang menarik.

3 dari 4 halaman

Spot Wisata Menarik di Kota Lama Semarang

1. Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang merupakan salah satu gedung bersejarah yang dibangun sejak zaman kolonial Belanda. Gedung ini masih mempertahankan desain arsitektur yang khas yang menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Tempatnya juga berlokasi di kawasan Kota Lama Semarang dan terletak tepat di jantung Kota Semarang. Sebelum dikenal sebagai Lawang Sewu tempat ini merupakan kantor administrasi kereta api Belanda bernama “Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij”.

Lokasi Lawang Sewu berada di Jl. Pemuda No. 160, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah dengan jam buka hari Minggu hingga Jumat pukul 08.00 hingga 20.00 WIB sementara di hari Sabtu pukul 10.00 hingga 23.00 WIB.

2. De Spiegel

De Spiegel merupakan salah satu bangunan yang masih menyimpan desain arsitektur yang bersejarah. Saat ini tempatnya dikenal sebagai Restoran Bar dan Dining yang menyediakan hidangan makanan seperti pizza, ayam panggang, burger, dan lain-lain.

Tempat ini bisa dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menyantap kuliner sambil menikmati bangunan khas zaman Belanda. Pengunjung juga bisa berfoto atau sekedar bersantai sambil menikmati makanan.

Lokasi De Spiegel berada di Jl. Letjen Suprapto No.34, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari pukul 10.00 hingga 01.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Berikutnya

3. Taman Srigunting

Taman Srigunting jadi destinasi ketiga yang menarik untuk dikunjungi tidak jauh dari Kota Lama Semarang. Tempat ini juga berlokasi di sebelah timur Gereja Blenduk dan menawarkan pemandangan yang indah untuk bersantai bersama keluarga atau pasangan.

Tamannya mempunyai pepohonan hijau yang rimbun dan tidak jarang jadi spot beristirahat wisatawan setelah berkeliling kota. Diketahui pada zaman dahulu taman ini digunakan sebagai tempat kegiatan atau latihan militer pemerintah kolonial.

Taman Srigunting berlokasi di Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah dengan jam buka setiap hari selama 24 jam.

4. Gedung Marba

Gedung Marba adalah spot yang wajib dikunjungi wisatawan ketika tiba di Kota Lama Semarang. Sebab gedungnya menjadi suatu tempat ikonik dengan penampakan gedung yang mempesona.

Diketahui gedung ini sudah dibangun sejak abad 19 oleh saudagar kaya asal Yaman yang dikenal dengan nama Marta Badjunet. Sehingga sebagai kenangan nama gedungnya berasal dari singkatan nama tersebut yaitu Marba.

Lokasi gedung Marba berada di Jl. Letjen Suprapto, Tj. Mas, Kec. Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.