Sukses

Pertama di Indonesia, Pemuda Pancasila Riau Jalin Kerja Sama dengan BPJS Ketenagakerjaan

Pemuda Pancasila Riau jalin kerjasama dengan BPJS Kota Pekanbaru untuk berbagai layanan kesehatan, jaminan sosial dan jaminan hari tua dengan iuran sangat murah.

Liputan6.com, Pekanbaru - Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Riau membuat terobosan bagi anggotanya yang bekerja di sektor informal untuk mendapatkan jaminan sosial. Dengan iuran hanya Rp16.800 per bulan, anggota dimaksud sudah mendapatkan perlindungan.

Tidak hanya kesehatan, anggota pekerja sektor informal seperti petani, nelayan, tukang ojek, tukang parkir, buruh, atlit, pedagang UMKM, pedagang kaki lima, dan lain-lainnya, sudah mendapatkan perlindungan sosial berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian.

Pemuda Pancasila Riau akan bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Kota Pekanbaru. Sosialisasi kepada anggota pekerja sektor informal sudah dilakukan di sebuah hotel pada Sabtu, 21 September 2024.

Kepala BPJS Kota Pekanbaru Iman Santoso Achwan menjelaskan, manfaat dari jaminan kecelakaan kerja adalah peserta mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa batasan biaya sesuai indikasi medis dan santunan berupa uang. 

Begitupula dengan manfaat dari jaminan kematian, peserta akan mendapatkan santunan kematian senilai Rp 42 juta. Berikutnya bantuan biaya pemakaman bahkan beasiswa pendidikan untuk 2 orang anak. 

Selain iuran per bulan tersebut, anggota Pemuda Pancasila juga bisa mendapatkan tambahan program jaminan hari tua. Untuk mendapatkan program ini perlu penambahan iuran Rp20 ribu per bulan.

"Ini merupakan terobosan, sepanjang pengalaman saya, baru di Pekanbaru ini menjadi yang pertama BPJS ketenagakerjaan bekerja sama dengan ormas Pemuda Pancasila," kata Iman, Sabtu petang, 21 September 2024.

Untuk informasi lebih lengkap, ratusan anggota Pemuda Pancasila yang hadir di sosialisasi dipersilahkan datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pekanbaru.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Bermanfaat

Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau Victor Yonathan SH MKn menambahkan, terobosan ini dalam rangka pembinaan dan pengembangan di bidang sosial-ekonomi anggota.

"Ini juga sekaligus edukasi mengenai pentingnya jaminan perlindungan sosial," kata Victor.

Sementara itu, Ketua MPW Pemuda Pancasila Riau, Anto Rachman berharap ke depannya seluruh majelis pimpinan cabang di Riau dapat melakukan sosialisasi program bermanfaat ini. 

"Karena program ini sangat memberikan manfaat untuk anggota Pemuda Pancasila yang kebetulan banyak bekerja di sektor informal," jelas Anto Rachman.

Selain dihadiri ratusan anggota, kegiatan ini turut dihadiri Wakil Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Riau, Frans Rizal, Kabid Ekonomi, UMKM, dan Ketenagakerjaan Dian Eka Putra, Komandan KOTI MPW Taufik SH MH, Ketua BP-KTA Ferri dan jajaran MPW Pemuda Pancasila Riau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.