Sukses

Pecah! Firhando Gumelar Diroasting Habis-habisan oleh Komika Kota Batu

Para komika yang tergabung di StandUp Indo Malang Raya, secara bergantian 'menembak' Firhando Gumelar tanpa basa-basi.

Liputan6.com, Batu - Calon Wali Kota Batu Firhando Gumelar menjadi sasaran roasting para komika di Kota Batu, Sabtu 21 September 2024 malam di Chatten Coffee.

Para komika yang tergabung di StandUp Indo Malang Raya, secara bergantian 'menembak' Firhando Gumelar tanpa basa-basi. Semua hal yang berkaitan dengan Mas Gum dihabisi oleh mereka dengan kreatif dan membuat gelak tawa.

Meski menjadi objek roasting, Firhando Gumelar tampak sangat menikmati candaan dan sindiran yang dilontarkan para line up komika tanpa terlihat baper atau terbawa perasaan.

Setidaknya ada 4 komika yang berani 'menghajar' Firhando, yakni Bobby Darwin, Wawan Saktiawan, Dewangga, dan Gilang Herlambang. Mereka memang sudah terkenal di dunia standup comedy Jawa Timur memiliki lidah yang pedas.

Mereka membahas mulai dari follower Mas Gum di instagram, niat maju Walikota Batu, hingga program-program yang akan dilakukan di Kota Batu.

Misalnya dari Wawan Saktiawan, ia menyebut bahwa follower Mas Gum masih 2000an orang, kok percaya diri banget untuk maju sebagai walikota. Dirinya yang punta 20.000 follower saja di instagram, kalah ketika maju menjadi calon legislatif.

"Walah Gum Gum, piro followermu? 2000an tok? kok pede ne maju dari calon walikota. Karo aku ae kalah followere. Kene kene Gum tak kandani, viral o sek ae baru maju. Kecuali awakmu duwe program sing out of the box ngono lho Gum, dadi uwong iku langsung milih awakmu. Misal e ide mau, memperluas Songgoriti sampai Dinoyo," kata Wawan.

Pasca roasting, salah satu roaster yakni Bobby Darwin mengatakan jika acara yang digagas seperti ini sangat bagus untuk para politisi. Apalagi di setiap kota, kesenian stand up comedy terus berkembang dengan pesat. Apalagi juga banyak pelaku komika yang bersinggungan dengan dunia politik.

Baik di eskalasi lokal maupun nasional. Selain itu, tidak sedikit komika yang ikut serta dalam pemenangan pasangan calon dan menjadi otak kegiatan kreatif paslon tersebut.

Bukan hanya terkait kesenian yang sedang berkembang atau booming, menurut Bobby, adanya roasting politik kepada Firhando Gumelar, ini bisa menjadi sarana untuk menyampaikan kritik nyelekit dan membangun kepada Firhando. Bahkan menurut Bobby, roasting ini tidak ada bedanya dengan 'penyambung lidah rakyat'.

"Ini cukup bagus. Roasting ini menunjukan kalau Mas Gum melek akan hal seperti ini. Secara tidak langsung, roasting kita ini kan penyambung lidah rakyat. Kan tidak bisa dipungkiri di negara ini kadang suara rakyat tidak didengar, kritik juga. Maunya puja puji saja. Bahkan menurut suara rakyat tidak sampai ke atas, berhenti di tengah-tengah dengan janji-janji akan disampaikan ke politisinya. Nah kesempatan roasting ini benar-benar peluang bagi komika untuk menyampaikan aspirasinya dalam bentuk komedi," kata Bobby.

Sementara itu, Firhando Gumelar mengaku sangat senang dengan roasting ini. Ia sangat terbuka apapun materi kritik yang disampaikan oleh para komika. Menurutnya, roasting ini menjadi bagian sangat penting untuk membangun kota secara bareng-bareng. Ia mengaku ketika menjabat nanti, dirinya tidak akan anti kritik dan siap memberikan masukan senylekit apapun.

"Ini bukti kalau saya siap dikritik dengan cara apapun, dengan sepedas apapun. Memang dalam dunia politik kita tidak boleh baper, sebab kritik itu kan membangun dan membantu kita untuk bekerja tulus untuk rakyat," kata Mas Gum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini