Sukses

Setelah 11 Tahun, Cho Yong-pil Akhirnya Comeback pada 22 Oktober 2024

Cho Yong-pil dikabarkan bakal merilis album full-length ke-20 berjudul 20 untuk comeback-nya pada 22 Oktober 2024.

Liputan6.com, Yogyakarta - Tokoh ikonis di kancah musik Kpop, Cho Yong-pil, akan kembali bulan depan. Ini menjadi comeback pertamanya setelah 11 tahun.

Cho Yong-pil dikabarkan bakal merilis album full-length ke-20 berjudul 20 untuk comeback-nya pada 22 Oktober 2024. Mengutip dari Sports Chosun, kabar kembalinya Cho Yong-pil bisa diibaratkan sebagai The Return of the King.

Kabar ini diumumkan langsung oleh Cho Yong-pil melalui situs web resmi pada Rabu (25/9/2024). Album reguler Cho Yong-pil ini akan menjadi yang pertama kalinya dalam 11 tahun. Cho Yong-pil terakhir kali merilis album berjudul Hello pada 2013.

"Saya dapat menyelesaikan album ke-20 yang telah saya persiapkan untuk waktu yang lama. Ini semua karena cinta dan dukungan para penggemar yang tidak berubah. Terima kasih dari lubuk hati saya. Saya ingin berkomunikasi dan berbagi emosi lebih dalam dengan kalian melalui musik ini," katanya.

Sebagai informasi, karier Cho Yong-pil dimulai dengan Come Back to Busan Port pada 1976. Ia merilis hit yang tak terhitung jumlahnya, seperti Woman Outside the Window, I Like You, Can't Find You, Let's Go Travel, Pald, The Leopard of the Kilimanjaro, Mona Lisa, Dream, dan masih banyak lagi.

Ia juga telah mencetak berbagai prestasi di sepanjang kariernya, seperti menjual lebih dari 1 juta album tunggal, lebih dari 10 juta album kumulatif, pertunjukan di NHK Hall di Jepang, pertunjukan di Carnegie Hall di Amerika Serikat, dan masih banyak lagi.

Hadirnya banyak musisi-musisi baru, tak membuat namanya meredup. Karya sebelumnya yang merupakan album penuh ke-19, Hello, menerima ulasan bagus. Secara khusus, lagu Bounce berhasil menyapu puncak tangga lagu musik dan memenangkan piala program musik terestrial pertama untuk pertama kalinya dalam 23 tahun.

Adapun pada November 2022 dan April 2023, single pra-rilis Road to 20-Prelude 1 dan Road to 20-Prelude 2 dirilis. Perilisan dua lagu tersebut merupakan persiapan untuk LP ke-20-nya.

Lagu tersebut cukup menarik perhatian dengan menunjukkan transformasi terobosan seperti menantang genre progressive house. Setelah 11 tahun, Cho Yong-pil akhirnya bakal kembali dengan album baru berjudul 20 yang dijadwalkan rilis pada 22 Oktober 2024.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.