Sukses

Sejarah Hari Maritim Sedunia, Apresiasi untuk Para Pelaut di Dunia

Hari Maritim Sedunia mengajak masyarakat dunia untuk mengapresiasi petugas maritim, agen layanan, serta pelaut di dunia

Liputan6.com, Yogyakarta - Hari Maritim Sedunia atau World Maritime Day tahun ini diperingati pada 26 September 2024. Peringatan ini diperingati sebagai bentuk penghormatan terhadap kerja keras para pekerja industri maritim internasional.

Mengutip dari National Today, Hari Maritim Sedunia dirayakan setiap Kamis terakhir di bulan September. Peringatan ini telah rutin dirayakan sejak 1978. Hari itu bertepatan dengan pendirian International Maritime Organization (IMO) pada 1958.

Hari Maritim Sedunia mengajak masyarakat dunia untuk mengapresiasi petugas maritim, agen layanan, serta pelaut di dunia. Orang-orang yang bekerja di laut melalui kehidupan yang sulit selama bekerja. Mereka memiliki jam kerja yang panjang, gaji yang genting, dan beban emosional karena harus terpisah dari keluarga selama berbulan-bulan. Hal-hal tersebut dapat menjadi tantangan yang intens.

Kata 'maritime' berasal dari kata Latin 'maritimus' yang berarti 'dari laut'. Maritim penting untuk kehidupan karena industri pelayaran internasional yang aman dan dapat diandalkan adalah dasar dari pasar bebas global.

Sejarah Hari Maritim Sedunia berawal dari didirikannya IMO pada 1958 yang mengatur industri pelayaran. IMO mempertahankan kerangka kerja yang komprehensif yang mencakup kerja sama teknis, peraturan lingkungan, pemulihan hukum, dan keamanan untuk semua stafnya.

Selama bertahun-tahun, fokus terbesar IMO adalah mengembangkan kondisi kerja yang berkelanjutan untuk staf globalnya. IMO berusaha membangun kerangka kerja kelembagaan yang mempersiapkan masa depan yang hijau. Masuknya teknologi baru, teknik inovatif, pelatihan yang efisien, dan keamanan yang meningkat adalah beberapa langkah terbarunya.

Beberapa dekade setelah pendiriannya, IMO menyatakan bahwa setiap Kamis terakhir di bulan September akan diperingati sebagai Hari Maritim Sedunia. Setiap tahunnya, akan ada tema yang didedikasikan untuk perayaan. Mengutip dari laman resmi IMO, tema Hari Maritim Sedunia tahun ini adalah 'Navigating the future: safety first!'.

Hari Maritim Sedunia diperingati untuk membuat suara pelaut didengar dan dipahami. Kesejahteraan dan keamanan pelaut berperan penting dalam keberhasilan ekonomi global.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.