Sukses

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem di Lampung Selama 3 Hari ke Depan

Cuaca ekstrim diperkirakan akan melanda Provinsi Lampung dalam tiga hari ke depan

Liputan6.com, Lampung - Cuaca ekstrim diperkirakan akan melanda Provinsi Lampung dalam tiga hari ke depan. Peringatan fenomena cuaca ekstrim ini dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung.

Prakirawan BMKG Lampung, Ramadhan Nurpambudi mengatakan bahwa cuaca ekstrim dengan intensitas hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan terjadi, pada hari ini atau Rabu 25 hingga Jumat 27 September 2024.

"Potensi hujan deras disertai angin kencang dan petir ini akan terjadi selama 3 hari ke depan mulai hari ini tanggal 25 sampai nanti pada hari Jumat tanggal 27 September," kata Ramadhan kepada wartawan, Rabu (25/9/2024).

Dia menjelaskan, cuaca ekstrim ini diprediksi terjadi pagi hingga malam hari di beberapa kabupaten-kota di Provinsi Lampung. Perubahan iklim ini, kata dia, disebabkan karena adanya gelombang rossby.

"Ada beberapa kabupaten/kota, untuk waktu pagi dan malam hari. Ini dipengaruhi karena adanya gelombang rossby selain itu juga adanya perlambatan udara di wilayah Lampung," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar kabupaten-kota di Lampung yang berpotensi mengalami cuaca ekstrim

Rabu (25/9/2024) :

Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Mesuji, Tulang Bawang. Siang, malam, dan dini hari di sebagian besar wilayah Lampung.

Kamis (26/9/2024) :

Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Tulang Bawang. 

Siang dan malam hari di wilayah Way Kanan, Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, Metro, Lampung Timur, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat.

 Dini hari di wilayah Way Kanan, Lampung Timur, Tulang Bawang Barat, Tulang Bawang, Mesuji, Pesisir Barat, dan Lampung Tengah.

Jumat (27/9/2024) :

Waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada pagi hari di wilayah Tulang Bawang, Lampung Timur, Mesuji. 

Siang hari di wilayah Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Utara, Way Kanan, Lampung Tengah.

Malam hari di wilayah Way Kanan, Tanggamus, Pringsewu, Pesisir Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah. 

Dini hari di wilayah Pesisir Barat, Way Kanan, Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Selatan, Pesawaran, Tulang Bawang, dan Bandar Lampung.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.