Sukses

4 Manfaat Air Beras untuk Wajah

Kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Liputan6.com, Bandung - Tahukah Anda bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik? Dalam air beras kaya akan kandungan gamma-oryzanol yang diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV.

Jadi, tidak mengherankan bila air beras banyak dijadikan sebagai bahan dasar kosmetik. Menurut dr. Airindya Bella di laman Alo Dokter, terdapt 4 manfaat air beras untuk kesehatan wajah.

"Belum banyak orang yang mengetahui manfaat air beras untuk wajah. Jika selama ini Anda selalu membuang air bekas cucian beras, pertimbangkan kembali kebiasaan tersebut, sebab air yang dianggap kotor ini sebenarnya sangat baik untuk kecantikan kulit wajah," ujar Bella dicuplik (17/9/2024).

Bella memaparkan terdapat beragam manfaat air beras untuk wajah yang perlu diketahui, khususnya bagi wanita:

1. Mencerahkan kulit

Mencuci wajah menggunakan air beras diketahui mampu mencerahkan kulit. Hal ini karena kandungan gamma-oyzanol pada air beras dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

2. Menghilangkan bintik hitam

Selain mencerahkan kulit, air beras juga bisa digunakan untuk menghilangkan bintik hitam di wajah. Kandungan vitamin E dalam air beras diyakini mampu memudarkan pigmentasi pada kulit, meski efektivitasnya masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Mencegah penuaan dini

Mencuci wajah menggunakan air beras diyakini dapat mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. Kandungan vitamin E dalam air beras diketahui mampu menghambat proses penuaan dini.

4. Mengatasi jerawat

Pati yang terdapat dalam air beras diyakini mampu mengatasi jerawat. Selain itu, pati dalam air beras ini juga bermanfaat sebagai obat alami untuk mengatasi eksim atopik. Meski begitu, efektivitasnya masih belum jelas dan masih dibutuhkan penelitian untuk memastikan manfaat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menyiapkan Air Beras untuk Wajah

Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan air beras yang bisa digunakan dalam perawatan wajah, yaitu:

1. Merendam beras

Merendam beras merupakan cara yang paling mudah untuk mendapatkan air beras. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

- Ambil ½ cangkir beras.

- Cuci hingga bersih.

- Masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan 2-3 gelas air.

- Diamkan selama 30 menit.

- Saring air beras ke dalam mangkuk bersih.

- Air beras siap untuk digunakan pada wajah.

2. Melakukan proses fermentasi

Cara mendapatkan air beras selanjutnya adalah melakukan proses fermentasi. Untuk mendapatkan fermentasi air beras, lakukan 3 langkah awal di bagian merendam air beras.

Selanjutnya, rendam beras selama dua hari di tempat yang sejuk. Setelah itu, saring dan tampung air beras ke dalam mangkuk bersih, lalu gunakan pada wajah.

3. Memasak beras

Anda juga bisa mendapatkan air beras untuk perawatan wajah dengan memasak beras, caranya:

- Masukkan ½ cangkir beras ke dalam panci.

- Tambahkan air dua kali lipat dari takaran biasanya ketika Anda memasak nasi.

- Saat nasi dan air mendidih, saring air beras ke dalam mangkuk yang bersih.

- Dinginkan saringan air beras, kemudian gunakan pada wajah.

 

3 dari 3 halaman

5 Cara Memutihkan Wajah dengan Beras

 

Sementara itu di laman yang sama, dr. Kevin Adrian menjelaskan 5 cara memutihkan wajah dengan beras.

Menurutnya khasiat beras untuk kulit telah dikenal dan digunakan sejak zaman dulu, terutama di daerah Asia, seperti Tiongkok, Korea, India, dan Jepang. Kini, beras juga banyak dijadikan sebagai bahan aktif dalam produk perawatan kulit wajah.

"Ini karena beras kaya akan vitamin B, vitamin E, zinc, dan antioksidan yang baik untuk kulit wajah," terang Adrian.

Beberapa penelitian juga menyatakan bahwa ekstrak beras memiliki efek anti-aging, yang dapat digunakan untuk mengatasi flek hitam, memperhalus tampilan kerutan, dan memperbaiki kerusakan kulit.

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, beras bermanfaat untuk membuat kulit tampak lebih putih, cerah, dan bersih. Berikut adalah cara memutihkan wajah dengan beras:

1. Mencuci wajah dengan air rendaman beras

Rutin membasuh muka dengan air beras dapat memutihkan, menenangkan, dan memperbaiki kulit wajah yang rusak.

Rendamlah beras dengan air bersih selama sekitar 30 menit, lalu saring. Jangan lupa untuk menekan-nekan beras ketika disaring dengan sendok supaya ekstraknya keluar. Setelah itu, dinginkan air rendaman beras di kulkas.

Sebelum digunakan untuk wajah, campurkan air rendaman tersebut dengan air bersih.

2. Mencuci wajah dengan air rebusan beras

Air rebusan beras atau air tajin juga bisa dimanfaatkan sebagai toner alami wajah. Air rebusan beras mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral, serta antioksidan yang baik untuk mencegah dan membantu mengatasi keriput di kulit dan menghilangkan flek hitam akibat penuaan.

Tak hanya itu, air rebusan beras juga baik untuk mengatasi kulit kering dan menjaga kelembapan kulit. Cara menggunakan air rebusan beras untuk memutihkan dan membersihkan kulit cukup mudah. Anda hanya perlu mencuci beras, lalu ambil airnya.

Setelah direbus selama kurang lebih 10 menit, diamkan air beras hingga dingin. Setelah itu, Anda bisa menggunakan air tersebut pada wajah.

3. Membuat scrub wajah dari tepung beras

Cara memutihkan wajah dengan beras yang kedua adalah membuat scrub wajah dari tepung beras. Tepung beras adalah salah satu bahan alami yang baik untuk membersihkan dan mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi) dan memperhalus tekstur permukaan kulit.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu mencampurkan 2−3 sendok teh tepung beras, ½ cangkir susu, dan 3 sendok makan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan scrub tepung beras pada wajah dan diamkan selama 20 menit. Lalu, gosok wajah dengan lembut dan bilas dengan air hangat. Agar hasilnya maksimal, Anda disarankan untuk menggunakan scrub tepung beras sebanyak 2 atau 3 kali dalam seminggu.

4. Menggunakan toner wajah dari air beras dan air lemon

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan air beras yang dicampur dengan air lemon sebagai toner untuk memutihkan wajah. Cara membuat toner ini cukup mudah, yaitu:

- Rendam ½ cangkir beras ke dalam 1 cangkir air hangat semalaman.

- Esoknya, saring air beras dan tambahkan 3 sendok makan air lemon.

- Masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas, lalu diamkan selama 1 jam.

- Toner siap untuk digunakan pada wajah.

Untuk mengaplikasikan nya, Anda dapat menggunakan kapas. Basahi kapas dengan toner dan usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air.

5. Membuat masker dari campuran tepung beras, oats, susu, dan madu

Masker wajah yang terbuat dari campuran tepung beras, oats, susu, dan madu berkhasiat untuk membersihkan pori-pori dan menghilangkan noda atau flek hitam pada wajah.

Madu dan oats juga bisa membantu mengatasi jerawat. Anda bisa membuat masker pemutih wajah alami ini dengan langkah berikut:

- Campurkan 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh oats, 1 sendok teh susu, dan 1 sendok teh madu.

- Aduk hingga rata, lalu oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 10−15 menit. Bilas masker hingga bersih.

"Lakukan perawatan ini 2 atau 3 kali seminggu untuk memperoleh hasil yang optimal. Penting untuk diingat bahwa lima cara memutihkan wajah dengan beras di atas tidak bisa memberikan hasil yang instan, ucap Adrian.

Oleh karena itu, untuk mencerahkan dan memutihkan wajah, Anda perlu melakukannya secara rutin dan konsisten.

Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap hari, agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari, terutama ketika Anda hendak beraktivitas di luar ruangan.

Perlu diingat juga, apabila Anda mempunyai tipe kulit sensitif, berminyak, atau berjerawat, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu dengan dokter kulit sebelum menggunakan beras sebagai pemutih wajah alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.