Sukses

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Lombok, dari Permen hingga Mutiara

Tak hanya camilan atau makanan khas, Lombok juga memiliki sederet oleh-oleh yang unik dan awet. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut rekomendasi oleh-oleh Lombok.

Liputan6.com, Lombok - Lombok merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diincar wisatawan domestik maupun mancanegara. Selain karena pesona alam dan kekayaan budayanya, alasan lain yang menjadikan Lombok sebagai destinasi wisata favorit adalah karena ragam oleh-olehnya.

Tak hanya camilan atau makanan khas, Lombok juga memiliki sederet oleh-oleh yang unik dan awet. Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut rekomendasi oleh-oleh Lombok:

1. Abon Ikan

Oleh-oleh dalam bentuk makanan memang yang paling umum dicari. Saat berkunjung ke Lombok, wisatawan juga bisa berburu abon ikan khas Lombok untuk jadi buah tangan.

Mayoritas abon ikan di Lombok terbuat dari ikan bajo yang hanya ada di Pulau Lombok. Serat-serat ikan yang diproses dengan rempah-rempah khas Lombok menjadikan abon ikan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas.

2. Gerabah

Kerajinan gerabah menjadi oleh-oleh yang pas karena awet dan tahan lama. Gerabah merupakan kerajinan tembikar tradisional yang menjadi bagian penting dari budaya masyarakat Lombok.

Gerabah di Lombok dibuat dengan teknik tradisional dari tangan perajin lokal yang terampil. Biasanya, gerabah digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari maupun sebagai dekorasi, seperti vas bunga, pot masak, dan lain sebagainya.

3. Kopi Lombok

Lombok ternyata memiliki kopi khas dengan cita rasa unik. Kopi khas Lombok memiliki beberapa jenis, seperti robusta dan arabika.

Salah satu nama kopi dari Lombok yang sudah mendunia adalah gangga lombok. Kopi jenis robusta ini memiliki cita rasa yang cenderung lebih lembut.

4. Mutiara Lombok

Lombok dikenal sebagai salah satu penghasil mutiara berkualitas tinggi. Mutiara yang ada di Lombok memiliki kilau yang memukau. Mutiara ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai perhiasan, seperti kalung, gelang, dan anting-anting.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permen Susu Kuda Liar

5. Permen Susu Kuda Liar

Permen susu kuda liar adalah salah satu oleh-oleh khas Lombok yang paling unik. Dibuat dari susu kuda liar yang diperoleh dari kuda-kuda yang berkeliaran bebas di daerah pegunungan Lombok, permen ini menawarkan rasa yang khas dengan tekstur kenyal. Permen ini juga kaya nutrisi.

6. Stik Kangkung

Stik kangkung adalah camilan yang inovatif dan unik khas Lombok. Sesuai namanya, camilan ini terbuat dari kangkung yang digoreng hingga renyah. Stik kangkung menawarkan rasa gurih dan sedikit pedas.

7. Tenun Sasak

Setiap wilayah di Indonesia memiliki jenis kain tenun khas tersendiri, termasuk Lombok. Adalah kain tenun sasak yang menjadi salah satu warisan budaya paling berharga dari Lombok.

Kain tenun ini dibuat dengan teknik tenun tradisional. Kekhasannya terletak pada motif rumit dengan warna-warna cerah. Tenun Sasak bisa digunakan sebagai pakaian tradisional maupun aksesori tambahan.

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.