Sukses

Kupu-Kupu Kertas Kembali Tayang di Bioskop, Berikut Sinopsis dan Daftar Pemainnya

Film Kupu-Kupu Kertas kembali tayang di bioskop mulai hari ini, Kamis (26/9/2024). Berikut ini sinopsis, daftar pemain, hingga fakta menariknya.

Liputan6.com, Bandung - Film Kupu-Kupu Kertas kembali tayang di bioskop setelah sebelumnya sempat ditarik dari peredaran. Film yang diproduksi oleh Denny Siregar Production dan Maxima Picture ini resmi tayang hari ini, Kamis (26/9/2024).

Filmnya mengangkat genre thriller hingga romansa yang mengambil latar belakang kisah sejarah. Kupu-Kupu Kertas digarap oleh sutradara Emil Heradi yang dikenal sebagai sutradara film Eat Pray Love hingga Wedding Proposal.

Sementara ceritanya ditulis oleh Rahabi Mandra, Jocelyn Cordelia, dan Denny Siregar. Melansir dari situs IMDb film ini mengangkat premis tentang kisah cinta dua sejoli yang mengambil latar belakang kejadian di Banyuwangi tahun 1965.

Kupu-Kupu Kertas juga menampilkan sejumlah adegan menegangkan terutama pertempuran antara NU dan PKI pada masa tersebut. Selain itu, filmnya juga dibintangi oleh sejumlah aktor dan artis populer Indonesia.

Di antaranya adalah Amanda Manopo, Chicco Kurniawan, Ayu Laksmi, Iwa K, Samo Rafael, Fajar Nugra, hingga Reza Oktovian. Film ini mempunyai durasi tayang sekitar 1 jam 53 menit dan hanya bisa disaksikan oleh penonton berusia 17 tahun ke atas.

Melalui film ini Amanda Manopo akan berperan sebagai karakter utama wanita bernama Ning. Sementara aktor Chicco Kurniawan akan berperan sebagai karakter utama pria bernama Ihsan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinopsis Film Kupu-Kupu Kertas

Kupu-Kupu Kertas menceritakan tentang kisah cinta dua sejoli bernama Ning (Amanda Manopo) dan Ihsan (Chicco Kurniawan). Sosok Ning diceritakan sebagai gadis cantik yang dibesarkan dalam keluarga berpaham Partai Komunis Indonesia (PKI).

Sementara itu, Ihsan diceritakan sebagai seorang pria yang dilahirkan dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU). Ketika keduanya mulai jatuh cinta mereka awalnya tidak peduli dengan perbedaan latar belakang keluarganya.

Namun suatu malam terjadi pertikaian yang mengerikan di antara Rasjid (Samo Rafael) yang merupakan kakak Ihsan dengan puluhan anak mudah Ansor lainya. Kakaknya tersebut dicegat dan dibunuh oleh simpatisan PKI yang dipimpin oleh Rekoso (Iwa K).

Rekoso juga diketahui sebagai ayah Ning dan mempunyai kaki tangan bernama Busok (Reza Oktovian). Ketika situasi semakin genting, Ihsan mengajak Ning untuk lari dari amukan amarah rakyat yang ingin membalas dendam.

Lantas bisakah Ning dan Ihsan selamat dari kekacauan tersebut? Bagaimana hubungan dua sejoli yang terjebak di situasi mengerikan itu?

3 dari 4 halaman

Daftar Pemain Film Kupu-Kupu Kertas

Berikut ini daftar pemain film Kupu-Kupu Kertas melansir dari IMDb:

1. Amanda Manopo sebagai Ning.

2. Chicco Kurniawan sebagai Ihsan.

3. Iwa K sebagai Rekoso.

4. Reza Oktovian sebagai Muso.

5. Samo Rafael sebagai Rasyid.

6. Fajar Nugra sebagai Zul.

7. Ayu Laksmi sebagai Sulastri.

8. Ony Serojawati Hafiedz sebagai Aida.

9. Doddy Arsyad sebagai Bongol.

10. Uno Eko sebagai Kempol.

11. Sinyo Brata sebagai Dompol.

12. Annora Hanifa.

13. Adityasta Reynand.

14. Norman R. Akyuwen.

15. Sleam Triadmodjo.

16. Masriah.

17. Ridho Alayka Nasrullah.

18. Ryan Goya Pratama.

4 dari 4 halaman

Fakta Menarik Film Kupu-Kupu Kertas

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber berikut ini fakta-fakta menarik dari film Kupu-Kupu Kertas:

1. Tema dari Peristiwa Sejarah Kelam

Plot cerita film Kupu-Kupu Kertas mengangkat tema dari peristiwa sejarah kelam yang terjadi tahun 1965 yaitu G30S PKI. Namun, yang membedakan film ini mengambil siis kisah dua sejoli yang memiliki latar belakang keluarga dari ideologi berbeda.

Diketahui sang karakter utama bernama Ning yang diperankan oleh Amanda Manopo dari keluarga PKI. Sementara karakter utama pria bernama Ihsan berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU).

2. Lokasi Syuting di Banyuwangi

Film ini mengangkat latar tempat di Banyuwangi berdasarkan sejarah konflik antara PKI dan NU di daerah tersebut. Sehingga, pihak produksi melakukan proses syuting di Banyuwangi dan salah satu lokasi berada di pedesaan yang dekat dengan hutan.

3. Comeback Akting Reza Oktovian

Reza Oktovian atau dikenal dengan sebutan Reza Arap juga memulai comeback aktingnya melalui film ini. Sebelumnya Reza pernah berakting untuk film bertajuk “Modus” yang tayang pada tahun 2016.

Melalui trailernya, Reza berperan sebagai anggota PKI yang terobsesi dengan sang karakter utama wanita.

4. Film Sempat Ditarik dari Penayangan

Film Kupu-Kupu Kertas sempat tayang secara perdana pada Februari 2024 lalu dan tiba-tiba ditarik peredarannya dari bioskop di seluruh Indonesia tidak lama dari penayangannya. Saat itu penarikannya sempat jadi perbincangan hangat di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.