Sukses

Listrik Indragiri Hulu dan Hilir Kian Andal

Dengan energize ini, PLN dapat memastikan pasokan listrik yang lebih stabil dan berkualitas bagi masyarakat dan industri di Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir.

Liputan6.com, Indragiri - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Tengah (PLN UIP SBT) meningkatkan keandalan kelistikan di Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir.

PLN melakukan "Energize" atau pemberian beban pertama Bay Coupler Gardu Induk (GI) 150 kV Rengat dengan aman dan lancar oleh Unit Pelaksana Proyek Sumatera Bagian Tengah 1 (UPP Sumbagteng 1) pada Selasa (24/9/2025).

Langkah ini merupakan bagian dari komitmen PLN untuk meningkatkan keandalan dan kualitas sistem kelistrikan di Provinsi Riau.

Dengan energize ini, PLN dapat memastikan pasokan listrik yang lebih stabil dan berkualitas bagi masyarakat dan industri di Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Indragiri Hilir.

General Manager PLN UIP SBT, I Njoman Surjana D menjelaskan, Bay Coupler Gardu Induk 150 kV Rengat akan memperkuat jaringan listrik, mendukung pertumbuhan ekonomi, investasi serta meningkatkan kenyamanan bagi pelanggan.

Keberhasilan energize pada Selasa, 24 September 2024 ini melibatkan kerja sama berbagai unit PLN, termasuk UIP Sumbagteng, UIP3B Sumatera, UID RKR, UPP Sumbagteng 1, UPT Pekanbaru, Pusertif, serta kontraktor pelaksana PT Sejahtera Mulia Kencana. 

"Seluruh item pekerjaan telah berhasil diselesaikan, perkuatan sistem distribusi melalui Bay Coupler GI Rengat 150 kV semakin andal. Keberhasilan ini adalah hasil kolaborasi antar unit pembangunan, unit penyalur dan pengatur beban, unit distribusi serta kerja keras tim yang berdedikasi, serta dukungan dari semua pihak," ujar Njoman.

Terpisah, Direktur Manajemen Proyek dan EBT Wiluyo Kusdwiharto menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran PLN UIP SBT dan stakeholder yang turut mendukung penyelesaian proyek ini.

"Keberhasilan energize proyek ini merupakan salah satu wujud dedikasi PLN dalam menyediakan pasokan dan keandalan listrik bagi masyarakat. Ke depannya, PLN akan terus bergerak menghadirkan energi listrik berkualitas untuk menerangi seluruh lapisan masyarakat Indonesia," ucap Wiluyo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.