Sukses

Safari Politik Ahmad Syaikhu di Sukabumi, Dorong Sentra Golok Masuk Pasar Internasional

Calon Gubernur Jawa Barat melakukan safari politik di Kabupaten Sukabumi. Salah satunya ke sentra pembuatan golok.

Liputan6.com, Sukabumi - Salah satu sentra pandai besi di Kabupaten Sukabumi disambangi Calon Gubernur Jawa Barat, Ahmad Syaikhu. Dalam kesempatan tersebut mantan anggota DPR RI fraksi PKS ini melihat proses pembuatan golok. Selain melihat golok, Ahmad Syaikhu juga mengaku takjub dengan produk dari olahan logam lainnya seperti kujang, senjata khas Sunda. Dia menilai produk golok hasil dari pengrajin di Desa Cibatu ini punya kualitas bagus.

"Saya apresiasi daerah sini terutama mampu menghasilkan UMKM yang memproduksi penuh kreativitas dan saya lihat kualitasnya bagus. Makanya saya ambil beberapa tadi, saya uji juga tingkat ketajamannya bagus, kemasannya juga bagus,” ujar Syaikhu di Desa Cibatu Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Kamis (26/9/2024). 

Dia juga mendorong, produk golok dari sentra besi di Desa Cibatu bisa lebih dikenal luas hingga mancanegara. Oleh karena itu pemasaran secara digital terus dikembangkan untuk bisa tembus ke pasar internasional. "Oleh karena itu, salah satu solusi anak-anak muda di Cibatu ini perlu dibekali dengan satu tools digital marketing. Sehingga mereka akan bisa memasarkan golok, pedang apapun bisa sampai ke penjuru Tanah Air, bahkan bisa sampai diekspor," tuturnya.

Produksi golok di daerah Cibatu, kata dia, sudah menjadi tradisi turun-menurun. Untuk terus memajukan UMKM golok, dia meminta peran pemerintah daerah harus aktif seperti membuka pemasarannya di mal. "Mereka fokus saja di perajin, di situ perlu hadir pemda. Kalau pemda membuka outlet di mal, perajin ini jual di mal dan itu difasilitasi oleh pemda maka sangat mungkin produk ini bisa lebih dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia," ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target Suara di Atas 50 Persen

Lebih lanjut, Calon Gubernur Jawa Barat Nomor Urut 3 itu menargetkan perolehan suara di Sukabumi di atas 50 persen dalam Pilkada 2024. Pada acara panggung rakyat di wilayah Desa Bojongsawah, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten SukabumiAhmad Syaikhu menyempatkan diri untuk turut serta menabuh bedug. Dirinya disambut oleh tokoh-tokoh ulama serta tokoh masyarakat dan ormas, Syaikhu pun mengaku takjub bisa menghadiri acara yang sederhana tersebut. 

"Dalam kesempatan ini, hadirnya tokoh-tokoh di acara panggung rakyat ini sangat menggembirakan saya, Mudah-mudahan target yang tadi sudah diungkapkan ketua DPD 50 persen minimal itu akan kita capai di Sukabumi," ujar Syaikhu. 

Dia menyebut, jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat periode 2024-2029, akan bekerja secara optimal dan dalam Pembangunan Infrastruktur perlu adanya keseimbangan sehingga tidak ada kesenjangan yang terlalu jauh. "Keseimbangan yang mampu mewujudkan kesetaraan pembangunan baik di utara maupun di selatan antara barat dan timur, sehingga tidak ada gap yang terlalu jauh," ungkapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.