Sukses

Bakal Dihapus, Simak Cara Mudah Mengamankan Arsip Instagram Story ke Google Drive

Tak bisa dipungkiri, fitur arsip pada Instagram Story menjadi sarana mudah dan sederhana untuk menyimpan berbagai momen berharga. Berbagai foto dan video bisa tersimpan aman secara privat setelah diunggah dan tersedia oleh publik selama 24 jam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Pengguna Instagram bakal kehilangan arsip-arsip Instagram Story-nya menyusul kabar bahwa Instagran bakal mulai menghapus berbagai arsip Instagram Story lama. Arsip berupa foto maupun video bakal terhapus secara berkala.

Tak bisa dipungkiri, fitur arsip pada Instagram Story menjadi sarana mudah dan sederhana untuk menyimpan berbagai momen berharga. Berbagai foto dan video bisa tersimpan aman secara privat setelah diunggah dan tersedia oleh publik selama 24 jam.

Bahkan, arsip Instagram Story sebelumnya dapat diunggah atau dibagikan ulang kepada pengikut. Sayangnya, keseruan itu tidak akan lagi bisa dilakukan.

Baru-baru ini, Instagram mulai menghapus berbagai arsip Instagran Story lama berupa foto. Dalam pemberitahuannya, Instagram menyampaikan jika alasan hilangnya arsip tersebut disebabkan oleh kendala teknis yang menyebabkan arsip pengguna tidak dapat dipulihkan.

Sementara itu, arsip dalam bentuk video juga mengalami kendala. Video-video tersebut diubah ke format foto dan tidak dapat diputar.

Untuk mengamankan setiap momen di arsip Instagram Story, pengguna bisa memanfaatkan fitur penyimpanan lain, seperti Google Drive. Berikut langkah mudah mengamankan Instagram Story:

1. Buka aplikasi Instagram, kemudian masuk ke laman Profile

2. Klik pilihan Edit Profile

3. Pilih menu Personal Information Settings

4. Selanjutnya, pilih Your Information and Permission

5. Klik menu Download Your Information

6. Jika ingin menyimpan konten di ponsel klik pilihan Download to Device, tetapi jika ingin mengunduh ke penyimpanan drivepl pilih Transfer to Destination

7. Selanjutnya, klik pilihan All Available Information

8. Setelah memilih destinasi, akun Instagram akan diminta terhubung dengan akun Google Drive dengan cara verifikasi e-mail

9. Menariknya, pengguna dapat memilih kualitas konten yang diunduh, mulai dari low, medium, hingga high quality

10. Jika sudah siap, pilih ikon Start Transfer

11. Selanjutnya, seluruh data termasuk arsip Instagram Story akan langsung terunduh ke Google Drive

12. Setelah terunduh, arsip Instagram Story pun tersimpan rapi di Google Drive

 

Penulis: Resla

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.