Sukses

Sambangi Nusa Penida, Astaguna Ritual Sembahyang di Pura Khayangan Jagad

Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung ASTAGUNA mulai melakukan blusukan ke daerah-daerah, salah satu yang menjadi kunjungannya adalah wilayah Nusa Penida.

Liputan6.com, Klungkung - Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Klungkung Made Kasta-Ketut Gunaksa (Astaguna) dalam momentun Hari Raya Galungan dan Kuningan tengah keliling Nusa Penida, Klungkung, Bali. Tak hanya berkampanye, mereka sekaligus nunas/memohon doa restu di Pura Penataran Ped Nusa Penida, pura tersebut juga salah satu Pura Khayangan Jagad yang ada di Bali, Sabtu (28/9/2024).

Untuk diketahui Pura Khayangan Jagad adalah pura suci dengan konsep Sanga Mandala atau Dewata Nawa Sanga. Bisa disebut juga dengan sembilan pura utama menjadi tempat sembilan dewa penjaga empat arah mata angin.

Pura yang dikenal dengan kesakralannya itu menjadi salah satu tujuan utama Astaguna datang ke wilayah Nusa Penida. Astaguna melakukan persembahyangan di pura tersebut dipimpin oleh pemuka agama Hindu Jro Mangku Ketut Purna Pemangku Pura Dalem Ped.

Pasangan yang sempat nyaris gagal mendaftarkan pencalonan mereka pada kontestasi politik Klungkung 1 tersebut mengaku dengan momentum Hari Raya Galungan mereka mengajak tim untuk menyambangi Nusa Penida sekaligus memohon restu Ida Bathara.

"Restu Ida Bathara akan menjadi kekuatan lebih besar untuk kami (pasangan ASTAGUNA) yang sejalan dengan konsep Tri Hita Karana," katanya di Nusa Penida, Klungkung, Bali.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kampanye dan Curhat Para Lansia

Untuk diketahui Pura Penataran Ped selain menjadi salah satu Pura Khayangan Jagad, pura yang berada di pesisir pantai yang dikenal sebagai destinasi wisata spiritual di Nusa Penida.

Tak hanya urusan spiritual mereka datang ke Nusa Penida, usai persembahyangan pasangan ASTAGUNA langsung berkampanye dan disambut warga dan juga para lansia. ASTAGUNA nampak berbaur dengan para lansia sekaligus langsung memberikan motivasi hidup sehat untuk warga di Nusa Penida yang hadir.

Mereka juga melipir ke salah satu kediaman lansia yakni Nyoman Suretsa di Banjar Batumulapan, Desa Batununggul, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, ASTAGUNA menyebut lansia sangat membutuhkan perhatian pemerintah.

"Kami memotivasi semangat berperilaku hidup sehat. Para lansia ini membutuhkan perhatian dari semua elemen masyarakat, termasuk Pemerintah, agar kebutuhan pangan bisa terpenuhi," ujar dia.

Momentum pertemuan tersebut dimanfaatkan oleh para lansia untuk 'curhat' kepada pasangan calon bupati dan wakilnya itu. Puluhan lansia tersebut nampak semringah mendengar janji yang diucapkan ASTAGUNA.

"Perhatian kepada lansia ini sangat penting, bagian dari spirit kemanusiaan yang harus terus kita bangun," tutur dia.

Perwakilan warga lansia yang hadir, Nyoman Suretsa dan Ketut Punia mengaku para lansia di desanya sudah berhasil membuat banyak kreasi yang harus didukung oleh pemerintah. Produk buatan mereka berbahan baku lidah buaya, seperti sabun cuci piring, sampo, krim pelembab dan juga minyak aloe vera dengan nama merek Abyudaya Aloe Shop.

"Usaha kami terkendala izin dari BPOM dan juga pemasaran. Kami harap bantuan ASTAGUNA ke depan agar kendala utama tersebut dapat diatasi bersama, sehingga usaha kami maju demi kesejahteraan kami di masa tua," pungkas Nyoman Suretsa dan Ketut Punia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.