Sukses

Ajang Olahraga Calisthenics 2024 di Bali, Ini Kategori yang Dilombakan

Calisthenics Cup 2024 kembali digelar di Bali, kali ini dengan 3 kategori yang dilombakan dengan peserta dari mancanegara, mulai dari Indonesia, Malatsia, Vietnam, Perancis, dan juga Libanon.

Liputan6.com, Denpasar - Ajang kejuaraan Calisthenics 2024 yang diselenggarakan oleh Obsidian Gym Bali untuk kali kedua ini kembali digelar dan banyak diikuti puluhan peserta dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, Prancis, dan Lebanon. Kejuaraan yang pada even perdana silam hanya ada satu kategori yang dilombakan itu saat ini bertambah menjadi tiga kategori. Tiga kategori yang dilombakan adalah Man Freestyle, Female Endurance, Man Endurance. Untuk diketahui calisthenics adalah olahraga yang memaksimalkan penggunaan berat tubuh.

"Tahun sebelumnya hanya ada satu kategori male endurance untuk laki-laki. Tapi, tahun ini kita ada tiga kategori, endurance cowok, endurance cewek, dan freestyle," kata salah satu juri Calisthenic Cup 2024 Wijaya Kusuma atau akrab disapa VJ di Canggu, Bali, Minggu (29/9/2024).

Lebih lanjut VJ menyebut bahwa, para peserta yang mengikuti ajang kejuaraan Calisthenics 2024  harus melewati sistem kualifikasi dan hanya 8 orang terpilih dari masing-masing kategori yang dilombakan. "Sebelum masuk ke kejuaraan ini, ada babak kualifikasi dulu dari semua peserta yang ngirim video. Karena kualifikasinya lewat video. Jadi kita ambil cuma delapan dari setiap kategori. Jadi totalnya 24 peserta, delapan orang kali 3 kategori," kata dia.

Menurutnya, ajang Calisthenics Cup 2024 tersebut adalah ajang perlombaan dengan hadiah terbesar di Asia Tenggara. Bagaimana tidak? tahun ini saja even tersebut menyediakan total hadiah sebesar Rp100 juta.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hadiah Tertinggi di Asia Tenggara

Sementara, salah satu peserta Nirmalasari Musli mengaku tak menyangka bisa memenangkan kategori baru Female Endurance. Ia melanjutkan kejuaraan itu adalah pengalaman pertamanya bertanding di even Calisthenics dan harus bersaing dengan peserta-peserta yang memiliki kemampuan sangat bagus. "Pokoknya yang terbaik aja. Nothing to lose, have fun. Kita di sini have fun. Sudah mempersiapkan yang terbaik, kita tampilkan yang terbaik. Hasilnya adalah yang terbaik," tutur Sari.

Sari bercerita mengikuti kejuaraan Calisthenic Cup 2024 di Bali lantaran dirinya mendapatkan dorongan dari rekan-rekannya. "Teman-teman saya yang memperkenalkan, awalnya aku gak mau. Ini sebenarnya adalah dukungan dari teman-teman yang ngajakin dan setengah memaksa ya untuk saya ikut kompetisi," ujar Sari.

Sementara itu, ia membocorkan sedikit tips berlatihnya sebelum mengikuti kejuaraan Calisthenics 2024 itu, ia mengungkapkan hanya membutuhkan konsentrasi dan fokus. "Kita tadi harus fokus sama badan kita sendiri. Jadi benar-benar harus bisa merasakan badan kita sendiri. Benar-benar bisa merasakan badan kita. Kalau yang mungkin kurang fokus atau kurang sabar itu agak susah untuk merasakan," pungkas Sari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini