Sukses

30 September Memperingati Hari Apa, Berikut Daftar Peringatannya

30 September mempunyai sejumlah peringatan yang wajib diketahui. Berikut ini daftar peringatan yang jatuh pada tanggal tersebut.

Liputan6.com, Bandung - Peringatan dalam kalender sering kali menjadi hal penting yang perlu diingat oleh seseorang atau bahkan masyarakat. Khususnya peringatan nasional yang memiliki makna mendalam bagi sejarah dan budaya suatu negara.

Di Indonesia, salah satu tanggal penting yang biasanya penting untuk diingat adalah tanggal 30 September. Diketahui tanggal tersebut penting bagi masyarakat Indonesia sebagai peringatan peristiwa bersejarah Gerakan 30 September atau G30S/PKI.

Peristiwa tersebut merupakan bagian dari sejarah kelam Indonesia yang harus diketahui setiap generasi karena melibatkan upaya kudeta oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965 yang berdampak besar terhadap kehidupan sosial dan politik bangsa.

Setiap tahunnya, peringatan G30S menjadi pengingat bagi masyarakat terutama untuk memahami pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, peringatan ini juga penting untuk menghormati jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa.

Para pahlawan terutama para perwira tinggi militer menjadi korban yang diculik dan dibunuh. Melalui peringatan ini, masyarakat diingatkan akan bahaya ideologi yang bertentangan dengan Pancasila serta pentingnya mempertahankan kedaulatan negara.

Sementara itu, tanggal 30 September juga tidak hanya memperingati peringatan sejarah kelam Indonesia tetapi juga terdapat peringatan lain yang bisa dirayakan terutama secara internasional.

Melansir dari beberapa sumber berikut ini adalah daftar peringatan penting yang dirayakan setiap 30 September. Beberapa peringatannya tidak hanya diingat di Indonesia tetapi secara internasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daftar Peringatan 30 September 2024

1. Peringatan Peristiwa G30S/PKI

Di Indonesia tanggal 30 September memperingati sejarah kelam terkait aksi Pemberontakan G30S/PKI. Diketahui pada tanggal tersebut mengingat bagaimana pemberontakan di tanggal 30 September yang diduga didalangi oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).

Peristiwa kelam tersebut terjadi pada tahun 1965 dan melibatkan sejumlah jenderal tinggi TNI yang menjadi korban dari pemberontakan tersebut. Karena sejarah kelamnya dan demi menghormati para korban setiap tahun masyarakat memperingati hari tersebut.

Sementara itu biasanya dalam memperingati sejarah kelam tersebut masyarakat Indonesia mengingatnya dengan sejumlah cara. Mulai dari menggelar upacara bendera, ziarah ke makam pahlawan, seminar, kegiatan sosial, hingga menonton film G30S/PKI.

Biasanya film G30S/PKI juga ditayangkan secara khusus di tanggal 30 September di sejumlah televisi nasional. Film tersebut menggambarkan bagaimana kisah kelam dan para jenderal menjadi korban pemberontakan.

3 dari 4 halaman

2. Hari Penerjemahan Internasional

Hari Penerjemahan Internasional atau International Translation Day merupakan perayaan yang diperingati setiap 30 September. Perayaan ini menjadi momen yang penting untuk mengingat bagaimana peran para penerjemah.

Pasalnya, kehadiran penerjemah penting untuk menjembatani komunikasi antarbahasa sehingga informasi bahkan komunikasi antar negara bisa terjalin dengan baik. Diketahui peringatannya pertama kali dicetuskan oleh Federation Internationale des Traducteurs (FIT).

Saat itu FIT mencetuskan peringatan ini di tahun 1953 dan tanggal 30 September dipilih untuk menghormati St. Jerome yang dikenal sebagai seorang penerjemah Alkitab dan disebut sebagai pelindung para penerjemah.

Melansir dari PBB pada peringatan tahun ini Hari Penerjemahan Internasional mengangkat tema bertajuk “Translation, an art worth protecting: Moral and Material rights for Indigenous Languages”.

Tema tersebut berarti bahwa “Penerjemah, sebuah seni yang patut dilindungi: Hak moral dan material untuk bahasa pribumi”.

4 dari 4 halaman

3. Hari Podcast Internasional

Hari Podcast Internasional atau International Podcast Day merupakan perayaan yang diperingati untuk mengingat bagaimana kehadiran konten podcast yang saat ini semakin populer dan menjadi platform untuk sejumlah topik menarik secara audio.

Sebagai informasi, podcast merupakan sebuah media rekaman audio digital yang dibuat dengan konsep mirip seperti radio. Perbedaannya ada pada jadwal siarannya karena podcast biasa direkam dan melalui proses pasca-produksi sementara radio siaran secara langsung.

Sementara itu Hari Podcast Internasional diperingati sejak 2014 ketika Steve Lee selaku pendiri Modern Life Network menciptakan tanggal tersebut untuk mempromosikan kegiatan podcasting menjadi media hiburan serta mendidik.

Peringatannya juga mempunyai tujuan untuk meningkatkan kesadaran serta memberikan apresiasi terhadap para kreator yang telah menghadirkan banyak konten menarik untuk pendengar di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.