Sukses

Bendera Merah Putih Berkibar di Bawah Laut Wisata Hiu Paus Jelang HUT TNI

Tidak hanya Bendera Merah Putih, bendera TNI dan bendera Tri Matra juga ikut dikibarkan dalam acara tersebut.

Liputan6.com, Gorontalo - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) tahun 2024, Danrem 133 Nani Wartabone, Brigjen TNI Hari Pahawantoro, bersama jajaran TNI dan komunitas penyelam Gorontalo, melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut.

Kegiatan ini berlangsung di Pantai Wisata Hiu Paus, Kelurahan Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, pada Minggu (29/9/2024).

Bendera Merah Putih sepanjang 200 meter itu dibentangkan di pesisir Pantai Hiu Paus. Tidak hanya Bendera Merah Putih, bendera TNI dan bendera Tri Matra juga ikut dikibarkan dalam acara tersebut.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara TNI AD, TNI AL, dan TNI AU di Gorontalo, serta melibatkan sinergi antara TNI/Polri, Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan komunitas penyelam setempat. Acara tersebut sukses menunjukkan kekompakan dan semangat kebangsaan.

Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Hari Pahawantoro, menegaskan bahwa pengibaran bendera di bawah laut ini melambangkan semangat jiwa korsa, nasionalisme, dan komitmen TNI dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Bendera Merah Putih yang kami kibarkan merupakan simbol tekad dan dedikasi seluruh prajurit TNI, baik dari matra darat, laut, maupun udara. Ini adalah bukti pengabdian tanpa pamrih kepada bangsa dan negara," ujar Brigjen TNI Hari Pahawantoro.

Lebih lanjut, Hari Pahawantoro menjelaskan bahwa atraksi pengibaran bendera ini sejalan dengan tema HUT TNI ke-79, yakni TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju. Kegiatan tersebut juga menonjolkan potensi wisata alam Gorontalo.

"Kami memilih Pantai Wisata Hiu Paus sebagai lokasi karena keunikannya. Pengibaran bendera di bawah laut ini merupakan pengalaman luar biasa yang hanya bisa dilakukan di tempat ini, dengan jarak sekitar 30 hingga 40 meter dari pantai," jelasnya.

Melalui momentum ini, Brigjen TNI Hari Pahawantoro mengajak seluruh prajurit TNI untuk terus menjaga semangat juang dan profesionalisme dalam setiap tugas.

"Mari kita perkuat sinergi dengan semua elemen bangsa, termasuk pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat, demi kedaulatan negara dan kesejahteraan rakyat," tegasnya.

Pengibaran bendera ini menjadi simbol kebanggaan bagi prajurit TNI dan masyarakat Gorontalo, sekaligus menegaskan komitmen TNI dalam menjaga integritas dan kedaulatan wilayah Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.